Hikmah  

Dalam Islam Mengasuh Anak Perempuan Bisa Jadi Perisai Api Neraka

Islam menyuruh orangtua untuk mengsuh anak perempuannya dengan baik, karena itu menjadi pelindung dari api neraka (ilustrasi/net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Hari Anak Nasional tiap tahun diperingati setiap tanggal 23 Juli. Tujuan adanya Hari Anak  tidak lain agar orang tua bisa memenuhi hak anak dan perlindungan anak.

Tak bisa dipungkiri, masih banyak orangtua mengabaikan hak anak. Misalnya, hak hidup, pendidikan, makanan, perlindungan dan lainnya.

Dalam berbagai kasus, anak perempuan lebih rentan menjadi korban kekerasan dibanding laki-laki.

Islam menekankan besarnya keuntungan mengasuh anak perempuan. Islam memberikan tanggung jawab yang besar bagi siapa saja yang mendapatkan amanah dalam mengasuh anak perempuan.

Mengutip NU Online, Rasulullah SAW dalam beberapa hadis menyampaikan betapa besarnya ganjaran mereka yang mengasuh anak-anak perempuan sebagaimana riwayat Bukhari, Muslim, dan At-Tirmidzi.

عن عائشة رضي الله عنها قَالَتْ دَخَلَتْ عَلَيَّ امْرَأةٌ وَمَعَهَا ابنتان لَهَا تَسْأَلُ فَلَمْ تَجِدْ عِنْدِي شَيئاً غَيْرَ تَمْرَةٍ وَاحدَةٍ فَأعْطَيْتُهَا إيَّاهَا فَقَسَمَتْهَا بَيْنَ ابْنَتَيْها ولَمْ تَأكُلْ مِنْهَا، ثُمَّ قَامَتْ فَخَرجَتْ فَدَخَلَ النَّبيُّ صلى الله عليه وسلم عَلَينَا فَأخْبَرْتُهُ فَقَالَ مَنِ ابْتُليَ مِنْ هذِهِ البَنَاتِ بِشَيءٍ فَأحْسَنَ إلَيْهِنَّ كُنَّ لَهُ سِتراً مِنَ النَّارِ

Artinya, “Dari Sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, suatu hari seorang perempuan dewasa dan dua anak perempuan menemuinya. Mereka mengemis. Aku tidak memiliki apapun selain sebiji kurma. Kuberikan kepadanya. Ia membagi kurma itu kepada dua anak perempuannya. Ia sendiri tidak ikut memakan. Ia kemudian bangkit lalu keluar. Rasulullah saw masuk menemui kami. Kukabarkan peristiwa barusan. Ia bersabda, Siapa saja yang diuji dalam pengasuhan anak-anak perempuan, lalu ia perlakukan mereka dengan baik, niscaya mereka akan menjadi perisainya dari api neraka,’” (HR Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi).

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews