Diketahui Bantu Jurnalis Israel Masuk Kota Makkah, Polisi Saudi Tangkap Warganya

Gill Tamary saat berada di Bukit Arafah saat puncak haji (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Aparat keamanan Arab Saudi, akhirnya menahan warga negaranya. Warga ini diketahui membantu masuk kota suci Makkah seroang jurnalis Israel non muslim.

Kejadian itu terungkap setelah sang jurnalis mengaplod video kunjungannya ke Kota Makkah selama musim haji. Vidio itu kemudian jadi viral, karena sang jurnalis bukanlah beragama Islam. Padahal, Makkah terlarang masuk bagi warga non Muslim.

Hal inilah membuat pihak keamanan segera bertindak cepat menangkap orang yang menolong sang jurnalis masuk tanah haram, Makkah.

Juru bicara polisi, 27 Jumat 2022 menyebutkan sang wartawan tersebut diketahui memegang paspor Amerika.

“Polisi merujuk kasus warga Saudi yang memfasilitasi masuknya jurnalis ke kota suci Mekah ke penuntutan publik,” kata juru bicara itu, seperti dikutip dari Bloomberg.

Diketahui, jurnalis TV Chanel 13 Israel bernama Gil Tamary. Dalam video itu terlihat dia mengelilingi Kota Makkah ditemani seorang sopir warga negara Saudi.

Dia juga mendaki Gunung Arafah, situs suci tempat umat Islam berkumpul selama ibadah haji.

Dalam laporan itu, Tamary mengatakan bahwa itu adalah mimpinya untuk mengunjungi Mekah. Dia juga menyebutkan, sopir yang menemaninya itu tidak tahu bahwa dia adalah seorang jurnalis Israel.

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews