Mode, Viral  

Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week, Netizen Sindir Orang Kaya Tidak Tau Malu

Pendaftaran HAKI Citayam Fashion WEek jadi protes netizen (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Setelah viral, Citayam Fashion Week didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di Kementerian Hukum dan HAM oleh Baim Wong dan Indigo Aditya.

Sontak pendaftaran hak cipta merek Citayam Fashion Week (CFW) itu mengundang kritik pedas oleh netizen. Pasalnya, mereka tahu nama CFW viral karena aksi sekelompok remaja Citayam, Depok, Bojong Gede, Tangerang, dan sekitarnya yang kerap nongkrong di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat

“Orang kaya yg punya materi lebih & nama yg besar, makin lama kenapa makin ga tau malu ya? Semua diambil utk dijadikan HAK paten milik mereka sendiri, konsep & esensinya tiba2 berubah karena diambil alih,” cuit akun @hayybubble.

“Contohnya: bukan yg punya tapi mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI,” lanjut dia.

Senada, akun @tashwirul menyatakan pendaftaran CFW di HAKI merupakan bentuk “sebadut-badutnya polah tingkah orang kaya.”

“Orang lain yang nemuin, tapi kamu dan isteri kamu yang mau patenin?” sindir akun @xMeganice

Akun @semogabigwin4 pun mempertanyakan apakah Baim Wong juga akan mengklaim Pluit Fashion Week jika Bonge dan kawan-kawan pindah ke Pluit.

“Kalo bonge dkk pindah ke pik, apa nanti pluit fashion week mau diklaim sama baim wong kayak citayam fashion week?” ujarnya.

Soal pendaftaran merek CFW, Koordinator Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham Irma Mariana mengatakan pihaknya hanya dapat menerima salah satu atau bahkan menolak semua permohonan pengajuan merek bernama Citayam Fashion Week.

“Hanya satu [merek yang diterima] kalau sesuai dengan ketentuan. Bisa saja keduanya ditolak. Tergantung hasil pemeriksaan,” kata dia, seperti dikutip cnnindonesia, Senin, 25n Juli 2022.

Netizen sendiri sudah marah ke kelompok selebriti yang ikut terjun di Citayam Fashion Week. Para seleb hingga pejabat ikut nimbrung di sana membuat konten setelah CFW viral.

Akun @QueennHistoria menyebut Citayam Fashion Week kini tak lagi menarik.

“Fenomena Citayam fashion week tidak lagi menyenangkan dan fun semenjak Jamet-jamet Citayam tersingkir diganti influencer oportunis, konten kreator serakah, orang-orang kaya norak, selebgram adu outfit mahal, artis dan agency nya yg latah ikut-ikutan,” cuitnya.

Baim Wong diketahui ikut tampil di CFW bersama istri dan anaknya.

“Ini Pertama kali kalinya saya Dan Kiano ke Citayam Fashion Week, Kaget melihat banyaknya anak2 muda yang bergaya keren2 bgt. Seperti layaknya di Jepang Dan Korea. Malah lebih keren!!” ujar dia, di akun Instagram-nya.

Kemudian, istrinya Paula, memberi ‘sumbangan’ sebesar Rp500 juta ke penggagas CFW, Bonge. Sumbangan inilah diperkirakan netizen untuk mengambil hak merek CFW. Entahlah.

Editor: Deandra – Sumber: cnnindonesia