Umum  

Empat Daerah di Sumbar Paling Sepi Penduduknya

LAMANRIAU.COM, PADANG– Sumbar terdiri dari 19 kabupaten/kota. Jumlah penduduknya mencapai lebih dari 5,5 juta dengan luas  wilayah 42 ribu kilometer, artinya kepadatan penduduknya setiap 1 kilometer sebanyak 132,82 jiwa

Sebagai ibukota provinsi, Padang menjadi kota dengan penduduk terbanyak yakni 900 ribu lebih atau tiap 1 kilometer ada 1.316 orang.

Kendati Padang memiliki penduduk yang besar, namun jika dihitung kepadatan penduduk dengan perbandingan luas wilayah, maka Bukittinggi adalah kota paling ramai dengan tiap 1 kilometer ada 4.817 orang.

Jadi dimanakah wilayah paling sepi di Sumbar jika dihitung dari kepadatan penduduk? Berikut daftarnya sesuai data BPS 2021.

Berdasarkan Data Pusat Statistik ( BPS) 2021, daerah di Sumatera Barat  yang  tergolong sepi ( renggang red) penduduknya adalah sebagai berikut.

1. Kabupaten Kepulauan Mentawai

Mentawai merupakan wilayah kepulauan dengan luas mencapai 6.034 kilometer persegi.

Meski luas, namun penduduknya tergolong sedikit dengan perbandingan kepadatan penduduk tiap 2 kilometer dihuni 14,70 jiwa saja.

2. Solok Selatan

Kabupaten Solok Selatan memiliki luas wilayah lebih dari 3.300 kilometer persegi. Penduduknya juga sepi, dengan kepadatan tiap 1 kilometer hanya dihuni sebanyak 55,24 jiwa saja.

3. Sijunjung

Sijunjung masuk daftar nomor 3 daerah paling sepi di Sumbar. Dengan luas wilayah juga lebih dari 3 ribu kilometer persegi, kepadatan penduduk tiap 1 kilometernya hanya dihuni 75,81 jiwa.

4. Pasaman

Pasaman merupakan salah satu kabupaten yang cukup luas. Wilayahnya mencakup 3.948 kilometer persegi.

Kawasan ini relatif sepi, sebab tiap 1 kilometer hanya dihuni sebanyak 76,78 jiwa

Editor: zulfilmani/sumber: katasumbar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.