Twibbon Menarik Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H

muharram

LAMANRIAU.COM – Tanggal 1 Muharram 1444 Hijriyah merupakan perayaan tahun baru Islam yang menurut kalender Masehi jatuh pada hari Sabtu 30 Juli 2022. Penentuan 1 Muharram dalam kalender Islam ini diambil dari peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah menuju Madinah.

Baca : Semangat Muharram Sebagai Bulan Perdamaian

Selain itu, orang Arab sejak dulu menganggap Muharram sebagai bulan pertama. Umat Islam juga menyelesaikan rangkaian ibadah haji pada bulan ini. Itulah mengapa bulan Muharram tersebut, Allah SWT pun memerintahkan agar kita memperbanyak amal ibadah, seperti puasa, tadarus dan sholat sunnah.

Sejarah Rasulullah

Tahun baru Islam merupakan hal yang sangat bersejarah dan penting bagi umat Islam, karena pada waktu inilah awal mulanya penetapan pentarikhan/penanggalan dalam Islam.

Rasulullah hijrah bersama para sahabat dari Makkah Al-Mukarramaah (Bakkah) ke Madinah Al-Munawarroh (Yasrib), yang melahirkan era baru bagi pembinaan umat yang melahirkan masyarakat Islami yang madani.

Sebagai umat Islam, kehadiran Tahun Baru Islam mempunyai makna tersendiri dan paling tidak momentum ini dapat dijadikan sebagai salah satu agenda untuk mengkaji ulang kembali bagaimana perjuangan Nabi Muhammad SAW, membangun masyarakat madani di kota Madinah dengan berbagai suka dan duka.

Perjuagan Nabi tersebut dalam melahirkan masyarakat Islami pertama yang disebut masyarakat madani dengan segenap pengertiannya di bawah kepemimpinan Rasulullah SAW. Menjadi contoh yang patut kita teladani.

Keteladanan tersebut perlu kita pedomani dalam rangka merekontruksi masyarakat Islam Indonesia yang telah terkoyak dan terpecah dalam berbagai aliran, partai dan jamaah. Semangat untuk menegakkan “tawashaubil haqqi” agar umat tetap setia menjalankan syariat Islam berdasarkan petunjuk Alquran dan Al-hadits, tampaknya mulai terabaikan.

Bagi umat Muslim yang akan merayakan Tahun Baru Islam dengan saling berbagi ucapan selamat, bisa menggunakan Twibbon. Berikut link twibbon rekomendasi selamat Tahun Baru Islam berikut:

1. Link Twibbon 1
2. Link Twibbon 2
3. Link Twibbon 3
4. Link Twibbon 4
5. Link Twibbon 5
6. Link Twibbon 6
7. Link Twibbon 7
8. Link Twibbon 8
9. Link Twibbon 9
10. Link Twibbon 10
11. Link Twibbon 11
12. Link Twibbon 12

Editor : Fahrul Rozi