Swiss Jatuhkan Sanksi ke Rusia, Rekening para Pejabat Rusia untuk PBB Di Blokir

Swiss bekukan rekening pejabat Rusia yang bertugas di Kantor PBB Jenewa (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Negara Eropa terus menjatuhkan sanksi kepada Rusia. Terbaru, Swiss memblokir rekening para pejabat Rusia yang bertugas di Kantor Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Organisasi Internasional di Jenewa

Sebelumnya, di bulan Maret 2022, pemerintah Swiss telah membekukan aset Rusia di Swiss senilai 6,17 miliar dolar Amerika Serikat. Namun, tidak membekukan rekening bank pejabat Rusia yang bertugas di kantor PBB Jenewa.

Kantor diplomat Rusia dalam rilis terbaru, Jumat, 29 Juli, menyebutkan sebuah bank di Swiss telah memblokir rekening pribadi Wakil Tetap Federasi Rusia untuk Kantor PBB dan Organisasi Internasional di Jenewa.

“Sejumlah bank, perusahaan asuransi dan perawatan mobil yang telah lama bermitra dengan kami, memutuskan untuk mengabaikan kontrak. Mereka selalu mengatakan bahwa alasannya adalah karena kami berasal dari Rusia,” kata kantor diplomat.

Seperti dikutip AFP, akun pribadi di bank lokal Swis itu biasanya digunakan untuk menutupi biaya pengobatan dan operasional.

Pemblokiran itu akan menyulitkan para diplomat Rusia dalam menjalani tugas mereka di berbagai pertemuan PBB dan acara lainnya di Swiss.

Selain pemblokiran bank, ada larangan penerbangan rute Moskow-Jenewa serta pengetatan penerbitan visa.

“Ini menunjukkan ketidakmampuan otoritas lokal untuk memberikan rute udara untuk penerbangan pesawat pejabat tinggi negara kami,” kata misi diplomatik itu.

Misi Rusia di Swiss menekankan agar pihak berwenang Swiss mempertimbangkan kembali keputusan mereka yang dianggap tidak layak ini.

“Kita harus kembali ke praktik normal dalam komunikasi diplomatik, sejalan dengan Konvensi Wina 1961,” kata Kantor diplomat Rusia.

Redaktur: Denni Risman