Ketua KONI dan Pj Wako Pekanbaru Tanam Rumput Perdana di Lapangan Sepakbola Sport Center

Pj Walikota Pekanbaru bersama Forkompinda dan stakeholder terkait usai melakukan penanaman rumput di lapangan Sport Center Tenayan Raya

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekanbaru Muhammad Yasir SH bersama Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun, SSTP, M.A.P ikut menanam rumput perdana di lapangan sepakbola Sport Center, Jalan Palembang, Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim, Rabu 3 Agustus 2022.

Sebelumnya, penanaman rumput perdana dilakukan oleh Pj Walikota Muflihun didampingi oleh Sekda M Jamil, Kapolresta, Kadispora Zulfahmi Adrian dan Kadis PUPR Indra Pomi serta Sekdis PU Perkim. Penanaman rumput ini sebagai tanda dibangunnya kawasan Sport Center.

Ketua KONI Kota Pekanbaru Muhammad Yasir SH menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Pekanbaru serta mendukung  pembangun Sport Center, apalagi jika selesai dibangun akan menjadi fasilitas untuk pengembangan atlet-atlet. Pihaknya mendorong Pemko agar pembangunan ini segera terwujud.

“Dengan dibangunnya kawasan Sport Center Tenayan ini lahannya lebih kurang 20 hektar dapat digunakan sebagai fasilitas olahraga bertaraf nasional. Kami akan mendorong terus, karena ini bisa dimanfaatkan untuk mencetak atlet berprestasi,” ujar Yasir.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan, rumput ditanam di media pasir. Jadi, penanaman rumput itu bukan di tanah yang hitam.

“Rumput yang kami tanam ini jenisnya Zoysia matrella (lazim dikenal sebagai rumput Manila). Rumput ini asli produk dalam negeri,” ujarnya.

Rumput ini merupakan standar FIFA. Jadi, lapangan sepakbola ini bisa menggelar pertandingan bertaraf internasional.

“Kami juga sedang mengerjakan pagar sekeliling stadion. Kami juga menyiapkan sistem irigasi dan penyiraman rumput secara otomatis,” jelas Zul, sapaan akrabnya.

Sistem penanaman rumput bisa dilakukan dengan tiga cara. Pertama melalui seeding begging (penyebaran biji rumput). Kedua, sistem penanaman stolon (menanam batang rumput). Ketiga, penanaman lembaran rumput yang sudah berkotak-kotak. Semua ditanam di media pasir.

“Di lapangan ini, kami menggunakan sistem stolon,” ucap Zul.

Pada kesempatan yang sama, Pj Walikota Muflihun mengatakan, rumput yang telah ditanam agar diawasi. Jangan hanya membangun dengan cepat. Tapi, pemeliharaan tidak ada.

“Kualitas rumput dijaga agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ucapnya.

Usai memberikan arahan, Muflihun bersama jajarannya dan pimpinan instansi lain menanam rumput perdana di lapangan sepakbola Sport Center. Sebelumnya, Muflihun menyerahkan bendera merah putih kepada anak-anak Pramuka dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Bingkisan dan bola voli juga diberikan kepada anak dan warga lingkungan kecamatan Kulim. ***

Editor : Fahrul Rozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.