Forum Komunikasi Masyarakat Desa Bongkal Malang Gelar Khitan Massal

Ketua FKMD Bongkal Malang, Syamsul Bahri, Kades H Depi Ariat, Plt Kapus Polak Pisang Daswandi dan sejumlah donatur dalam kegiatan sunat massal inisiasi FKMD Bongkal Malang

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Forum Komunikasi Masyarakat Desa (FKMD) Desa Bongkal Malang, Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), menggelar khitanan massal menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 tahun 2022. Khitan massal ini digelar di salah ruangan Kantor Desa Bongkal Malang, Sabtu 6 Agustus 2022 pagi. 

Ketua FKMD Desa Bongkal Malang, Samsul Bahri, menjelaskan bahwa kegiatan khitanan massal merupakan agenda kita yang rencananya akan digelar setiap tahun dengan melibatkan para donatur.

Dalam kegiatan yang perdana ini diikuti sebanyak 8 anak yatim dan duafa yang berada di Desa Bongkal Malang. Kegiatan ini melibatkan sejumlah donatur yang telah berbagi terhadap sesama,” jelasnya.

Dia berharap melalui kegiatan ini anak-anak yang dikhitan dapat menjadi anak yang soleh dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Sementara itu, Kepala Desa Bongkal Malang H, Depi Ariat menjelaskan, berdasarkan sejarah kebudayaan manusia, khitanan telah dikenal oleh sebagian kalangan sebagai proses adat dan pembersihan diri sebelum beranjak dewasa.

“Masyarakat terdahulu hingga kini menjaga budaya dan menganggap proses ini salah satu menjalankan ibadah sebagai umat muslim,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat tidak mampu khususnya para anak yatim dan duafa untuk dikhitan secara gratis sehingga dapat memenuhi syariat Islam.

“Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali dengan skala yang lebih besar sehingga anak-anak yatim dan duafa lainnya bisa terbantu,” ujarnya.
 
Atas nama pemeritahan desa dan masyarakat dirinya mengucapkan terimaksih kepada para donatur yaitu, RAM Pembina, RAM AB, RAM Mitra Keluarga, serta pengusaha lain yang berusaha di lingkungan Desa Bongkal Malang seperti Manigor Tulus dan Bapak Hatta Munir. ***

Editor : Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.