Waspada!! Ini dia Makanan Pemicu Penyakit Jantung, Apa Saja?

LAMANRIAU,COM, PEKANBARU– Penyakit jantung hingga kini masih menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Faktor penyebab penyakit jantung beragam, salah satunya karena makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Tanpa disadari, beberapa jenis makanan ternyata dapat menjadi pemicu sakit jantung. Makanan penyebab sakit jantung ini mungkin kerap anda konsumsi sehari-hari.

Ini dia 15 makanan yang dapat memicu penyakit jantung bila dikonsumsi secara berlebihan.

1. Daging merah
Makanan penyebab sakit jantung yang pertama adalah daging merah. Mulai dari daging sapi, kambing, domba, sampai babi.

Daging merah memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Lemak jenuh dan kolesterol yang terlalu banyak di tubuh bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Daging olahan
Selain daging merah, daging olahan juga rentan memicu penyakit jantung. Misalnya, bacon, nugget, sosis, sampai hot dog.

Pasalnya, daging olahan punya kandungan lemak jenuh, kalori, dan garam yang tinggi. Kelebihan kandungan zat-zat tersebut bisa menimbulkan sakit jantung.

3. Mentega
Penderita penyakit jantung juga tidak boleh makan butter atau mentega. Tentu sudah jadi rahasia umum jika mentega mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Meski dapat membuat makanan jadi terasa lebih enak, mentega tidak baik untuk kesehatan jantung jika dikonsumsi secara berlebih.

4. Pizza
Jika Anda pencinta pizza, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi makanan yang satu ini. Sebab, pizza juga merupakan salah satu makanan penyebab sakit jantung.

Hal ini karena pizza punya kandungan lemak jenuh, kalori, dan sodium atau garam yang tinggi, yang berbahaya untuk jantung Anda. Selain pizza, roti-rotian juga demikian.

5. Kentang goreng
Kentang goreng di kafe dan restoran juga merupakan makanan pemicu sakit jantung. Pasalnya, kentang goreng tersebut biasanya digoreng dengan metode deep fry yang menghasilkan lemak trans dan kolesterol.

6. Mie instan
Dipungkiri mie instant merupakan makan yanh cukup banyak penggermarnya. Namun penggemar mi instan harus hati- hari,  karena mie instant rentan memicu sakit jantung.

Hal ini karena mie instan punya kandungan natrium atau garam yang tinggi. Begitu juga dengan lemak jenuh dan glikemiknya.

7. Nasi putih
Penderita penyakit jantung tidak boleh makan nasi putih terlalu banyak. Sebab, nasi putih punya kandungan gula yang tinggi. Sebaiknya, ganti nasi putih Anda dengan beras merah.

8. Pasta
Tak hanya nasi putih, makanan penyebab sakit jantung berikutnya adalah pasta. Pasta terbuat dari tepung putih yang juga tinggi gula.

Sementara serat, vitamin, dan mineralnya tidak ada. Mulailah kurangi konsumsi pasta.

9. Ayam goreng tepung

Ayam goreng tepung memang menggiurkan untuk dimakan sehari-hari. Tapi, tahukah Anda bahwa ini juga termasuk makanan pemicu sakit jantung?

Pasalnya, ayam goreng tepung memiliki kalori, lemak, dan natrium yang tinggi. Ini memungkinkan Anda terkena masalah gagal jantung.

10. Kue
Kue seperti cookies dan muffin mengandung gula tinggi dan lemak jenuh dari mentega yang digunakan. Selain itu, kue-kue juga mengandung lemak trans yang kurang baik untuk kesehatan jantung.

11. Es krim
Rasa manis pada es krim berasal dari kandungan gula yang tinggi. Padahal, gula yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan jantung Anda.

Selain gula, es krim juga kerap mengandung lemak jenuh.

12. Yoghurt berlemak

Yoghurt memang melancarkan pencernaan. Tapi, beberapa yoghurt punya kandungan lemak tinggi, khususnya yoghurt yang pakai gula tambahan.

Untuk itu, perhatikan yoghurt yang Anda konsumsi. Pilihlah yang rendah lemak dan terbuat dari buah segar tanpa tambahan pemanis buatan.

13. Makanan tinggi gula, garam, lemak
Selain makanan penyebab sakit jantung yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya Anda juga tidak mengonsumsi makanan-makanan lain yang punya banyak kandungan gula, garam, dan lemak karena tetap memberi risiko penyakit jantung.

14. Gorengan
Banyak makanan Indonesia yang dimasak dengan teknik digoreng. Makanan yang digoreng dengan banyak minyak mengandung lemak trans yang tinggi dan secara tidak langsung meningkatkan kolesterol jahat.

Ketika kadar kolesterol jahat yang tinggi ada di dalam darah, menyebabkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah di jantung dan berisiko penyakit jantung.

15. Soda dan alkohol
Tak hanya makanan, minuman tertentu juga dapat menjadi pemicu penyakit jantung. Soda misalnya, yang punya kandungan gula tinggi. Bahkan, mengandung pemanis buatan dan pengawet yang tidak baik untuk jantung.

Sementara alkohol juga harus dihindari agar terhindar dari sakit jantung.

Editor: zulfilmani/ sumber cnn.com

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *