Dedikasi D’Kebon Park Sukseskan Sungai Sibam Expo 2022

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Meski minim dukungan dari pemerintah, namun kegiatan Sungai Sibam Expo 2022 yang digelar di Taman Wisata D’Kebon Park dari tanggal 24-28 Agustus 2022, sukses berlangsung. Kegiatan ditutup oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Dr H Syamsurizal MM, Minggu 28 Agustus 2022 sore.

Sekretaris Panitia Pelaksana, Bowo Wahyono ST didamping Ketua Panitia Ir Ruslan dan Owner D’Kebon Park, Sidi Marlis, mengungkapkan rasa syukur atas kerja bersama warga setempat dapat tuntas terlaksana.

“Alhamdulillah kerja berat kami dapat berlangsung hingga akhir, walau masih ada kekurangan, tapi setidaknya warga Sungaisibam telah mampu membuat kegiatan sebesar ini,” ungkapnya.

Bowo mengaku bahagia, karena minim dukungan yang didapat khususnya dari pemerintah, tetapi terbayar semangat warga bergotong royong menjadikan acara tersebut sukses digelar.

“Bukannya tidak ada, tapi kurang. Kami tentu berterima kasih kepada Bapak Pj Walikota dan jajaran, seperti Disduk Capil, Bagian Umum, Kominfo, PUPR, Camat Binawidya dan pihak Kelurahan Sungaisibam sendiri, ikut berpartipasi. Kedepan mudah-mudahan didukung penuh,” harapnya.

Ruslan menambahkan, dalam Sungai Sibam Expo 2022, tidak hanya sebagai ajang pameran bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tapi juga ada sejumlah rangkaian lomba, mewarnai, melukis, memasak, fashion show hingga panjat pinang. Semuanya mampu meramaikan ajang perdana tersebut.

“Harapan kami melalui Sungai Sibam Expo, selain memperkenalkan produk UMKM Kota Pekanbaru, juga untuk memperkenalkan Sungaisibam lebih luas ke seluruh masyarakat khususnya di Pekanbaru. Selama ini Sungaisibam hanya dikenal tempat pemakaman dan langganan banjir. Padahal di sini juga sudah ada tempat wisata pilihan bagi masyarakat,” katanya.

Tambah Ruslan, dukungan penuh dari pihak D’Kebon Park, acara ini mampu memikat pengunjung berkisar 15 ribu orang lebih selama empat hari digelar.

“Kami berterima kasih kepada owner D’Kebon Park pak Sidi Marlis, beliau sangat support. Begitu juga dengan pihak Pegadaian Kanwil II Pekanbaru, yang menjadi sponsor utama,” sampainya.

Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla Muflihun turut hadir sebagai juri kehormatan D’Kebon Park Fashion Street dalam ajang Sungai Sibam Expo 2022.

Owner Taman Wisata D’Kebon Park, Sidi Marlis, mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh kepada kegiatan ini, bukan semata sebagai sarana promosi wisata, tapi adalah dukungan nyata kepada pemerintah.

“Presiden sendiri sudah nenjadikan program utama pemulihan ekonomi pasca Covid-19, dengan menghidupkan sektor UMKM. Tentunya kami dukung program tersebut,” tegasnya.

Ia berharap kedepan kegiatan ini tetap berlanjut dengan lebih meriah, semua pihak harus terlibat. “Semoga tahun depan acara ini lebih baik lagi,” tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Dr H Syamsurizal MM yang menutup secara resmi Sungai Sibam Expo 2022 mengaku salut dengan masyarakat setempat yang menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah program Indonesia. Terlebih menurut Menteri Pariwsata Ekraf pada saya kemarin, saat ini kepariwisataan Indonesia tengah bangkit jauh lebih baik dari Thailand, Malaysia, Singapur dan Brunei,” terangnya.

Hal paling penting dalam UMKM dan pariwisata adalah pembinaan kemasan. Sehingga mampu bersaing dengan dunia luar. “Kalau produk tentu kemasan bagaimana yang aman dan nyaman. Begitupun pariwisata, orang aman datang ke daerah ini,” terangnya.

Salah satu contoh, menurut Bang Syam, dulu Kota Dumai adalah tujuan wisata utama warga Malaysia, sebagai pintu masuk terdekat ke beberapa wilayah tetangga.

“Dulu orang Malaysia melirik Dumai karena dekat masuknya. Tapi yang terjadi, ketika mereka di pelabuhan, ada tarik menarik barang bawaan, sehingga mereka jera,” sebutnya

Syamsurizal berharap kegiatan Sungai Subam Expo, dapat dikemas dengan baik lagi dengan melibatkan peran serta pemerintah daerah. Sehingga terwujudnya pembangunan SDM bagi sektor UMKM dan pariwisata. ***

Editor/Penulis: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *