Kapolda Riau Kunjungan Kerja ke Mapolres Inhu

Tiba di Stadion Narasinga Rengat, Kapolda Riau dipasang tanjak oleh Ketua LAMR Kabupaten Indragirj Hulu Datuk Marwan, MR.

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Kapolda Riau Irjend Pol Muhammad Iqbal  S.IK MH, melakukakan kunjungan kerja (kunker) ke Polres Inhu, Kamis 1 September 2022. Kapolda tiba di lapangan Stadion Narasinga Rengat di Kelurahan Skip Hilir, Kecamatan Rengat sekira pukul 08.19 Wib pagi

Kedatangan orang nomor satu di jajaran kepolisian daerah Riau turut didampingi Ketua Bhayangkari Polda Riau Nindya Muhammad Iqbal dan Dir Binmas Kombes Pol Wendry Purbyantoro, SH beserta isteri serta rombongan.

Rombongan disambut Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso, S.IK, M.SI, dan Wakil Bupati Indragiri Hulu Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si. Selain itu juga tampak Ketua PN Rengat Chandra Gautama, SH, MH, Dandim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prastiyo Wibowo S.Sos, Ketua Bhayangkari Cabang Inhu Wardina Mumtazah Alponso dan sejumlah Forkopinda.

Penyambutan Kapolda Riau di Stadion Narasinga dilakukan pemasangan Tanjak Melayu oleh Ketua LAMR Kabupaten Inhu Datuk Marwan, MR dan selanjutnya rombongan menuju Mapolres Inhu.

Kapolda Riau beserta istri disambut siswa TK Kemala Bhayangkari Rengat saat tiba di Mapolres Indragiri Hulu.

Di Mapolres Inhu, Kapolda disambut PJU Polres Inhu, Kapolsek jajaran Polres Inhu serta personil Polres Inhu dan pengalungan serta pemberian buket bunga oleh anak TK Kemala Bhayangkari. 

Dalam lawatannya ke Kabupaten Inhu, Kapolda Irjed Pol Muhammad Iqbal, S.IK, MH melakukan sejumlah kegiatan diantaranya, pengecekan vaksinasi di Gerai Vaksinasi Polres Inhu. Kapolda memberikan Bansos sebanyak 6 Paket Sembako kepada 6 orang masyarakat yang melakukan vaksin, pemberian kursi roda kepada Bapak Darmawi penderita lumpuh warga Jalan Narasinga Kelurahan Kampung Dagang, Rengat.

Selain itu Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.IK, MH beserta rombongan PJU Polda Riau juga melaksanakan silaturahmi bersama Forkopimda Inhu di tenda halaman Polres Inhu.

Kegiatan ini dihadiri jajaran petinggi Polda Riau, budayawan dan tokoh masyarakat setempat serta perwakilan organisasi.

Bupati Inhu dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati Junaidi Rahmat mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Riau beserta Ibu Ketua Bhayangkari dan rombongan.

“Kunjungan ini merupakan suatu bentuk Ikhtiar untuk meningkatkan sinergitas antara Kepolisian dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif,” katanya

Bupati berharap seluruh unsur untuk dapat saling bahu membahu bekerjasama dalam mewujudkan cita-cita pembangunan. Hingga saat ini koordinasi dan sinergitas dibangun pemerintah daerah bersama unsur Forkopimda termasuk TNI/Polri terus berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, salah satunya melaui program pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Polres Inhu yang telah menginiasi terlaksananya Program BERSIH (Bedah Rumah Presisi Indragiri Hulu).

Sementara Kapolda Riau Irjed Pol Muhammad Iqbal, S.IK, MH dalam sambutannya mengimbau dan berharap kepada semua pihak untuk saling bergandeng tangan dengan semangat kebersamaan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Inhu.

“Kebersamaan adalah modal utama dalam rangka mewujudkan pembangunan di Kabupaten Inhu yang sejahtera, adil dan ekonomi terus maju, stabilitas ekonomi harus tetap terjaga,” pesannya.

Dalam kunjungannya, Kapolda Irjed Pol Muhammad Iqbal juga memberikan bantuan untuk Ponpes Darul Ulum Indragiri yang diserahkan langsung kepada Pengurus Ponpes Darul Ulum Indragiri Kyai Nasarudin Abas. Bantuan tersebut berupa 100 sak semen, 5.000 buah batu bata dan uang tunai Rp 10 juta

Sementara, Pemda Inhu memberikan cenderamata ke Kapolda Riau yang diserahkan oleh Wakil Bupati Junaidi Rachmat, serta cenderamata dari Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura, SH, MH.

Kegiatan lain Kapolda Riau dan rombongan adalah melakukan 
apel di halaman Mapolres Inhu. Dalam arahannya, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.IK, MH dihadapan personil Polres Inhu menyampaikan makna sebagai anggota Polri sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat.

Bekerja ikhlas dan tulus tanpa pamrih dalam membantu masyarakat. Jangan mengotori nama institusi yang telah membesarkan kita,” katanya.

Selanjutnya, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal menuju Makodim 0302 Inhu Jalan Suprapto Kelurahan Sekip Hulu Kecamatan Rengat.

Kedatangan rombongan Kapolda Riau disambut Dandim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prastiyo Wibowo, S.Sos, Para Pasi Kodim 0302 Inhu, Danramil serta Personil Kodim 0302/Inhu.

Kapolda Riau menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergitas yang sudah terjalin selama ini, bersinergi dalam membantu kepolisian dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“TNI / Polri tidak bisa dipisahkan dalam menghadapi berbagai situasi yang dihadapi saat ini. Hal ini terbukti dari pemutusan mata rantai dan pengendalian Covid 19 serta pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Inhu,” ungkapnya.

Dikesempatan itu Kapolda Riau Irjend Pol Muhammad Iqbal, S.IK, MH memberikan cenderamata kepada Dandim 0302 Inhu Letkol Kav Dani Prastiyo Wibowo, S.Sos.

Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal meresmikan Program BERSIH (Bedah Rumah Presisi Indragiri Hulu).

Selanjutnya Kapolda Riau berserta rombongan menuju lokasi peletakan batu pertama program BERSIH (Bedah Rumah Presisi Indragiri Hulu) ke 10 untuk melakukan penandatanganan prasasti dan peresmian sekaligus pemberian kunci rumah kepada pemiliknya

Kegiatan ini juga  dihadiri sejumlah pejabat dari kepolisian Polda Riau, Polres Inhu, TNI dan jajaran pemda setempat serta pihak lainnya seperti pimpinan Bank BNI Rengat dan Bank BRI Cabang Rengat.

Ketua program BERSIH Sunarto dalam sambutannya menyampaikan program ini awal dibentuk pada 25 November 2021, launching pertama pada bulan Desember 2021.

“Program ini dapat berjalan karena adanya peran masyarakat, perusahaan dan semua pihak yang rela mengulurkan tangan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan,” sebutbya.

Salah satu syarat masyarakat yang dapat dibantu melalui Program BERSIH yakni masyarakat yang punya tanah dibuktikan dengan Surat Kepimilikan Tanah. Type bangunan dalam Program BERSIH yakni Type 36 Plus, dengan besaran biaya pembangunan satu unit antara Rp 50 juta sampai Rp 55 juta.

Kapolda mengatakan, terwujudnya Program BERSIH ini karena adanya kreatifitas, kolaborasi antar semua pihak dan tim dalam mewujudkan Program Bedah Rumah Presisi Indragiri Hulu.

Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal memotong pita peresmian Mako Polsek Pasir Penyu.

Selanjutnya Kapolda Riau berserta rombongan menuju Penyu dalam rangka peresmian gedung Mapolsek. Kegiatan ini dihadiri Camat Pasir Penyu dan Camat Sungai Lala. 

Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso menyampaikan gambaran tentang Polsek Pasir Penyu yang memiliki sertifikat hak milik Polri dengan luas lahan 15.000 m2, luas bangunan: 720 m2, rumah dinas sebanyak 39 unit asrama. Tipe Rural (AKP) membawahi 6 kecamatan Pasir Penyu, Sei Lala, Lirik, Lubuk Batu Jaya, Kelayang dan Rakit Kulim.

Sementara Kapolda menyampaikan ucapan rasa syukur dapat hadir dalam rangka peresmian Mako Polsek Pasir Penyu Polres Inhu.

Keberadaan Mako Polsek Pasir Penyu ini, merupakan bukti komitmen Polri untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Hal ini tentunya modal bagi Polri memberikan pelayanan prima dan rasa aman terhadap masyarakat.

“Polri tentunya tidak akan mampu untuk menciptakan rasa aman sendirian, hal itu dapat kita wujudkan jika semua pihak baik polri, aparat pemerintahan dan masyarakat serta pranata sosial lainnya dapat saling bersinergi, berkoordinasi serta bermitra dengan baik,” katanya.

“Perlu saya tekankan juga kepada Kapolres Inhu beserta Polsek jajarannya, semoga dengan telah adanya pemenuhan sarana dan prasarana Mapolsek Pasir Penyu ini, disertai dengan semangat baru tersebut menjadi pendorong semangat untuk dapat melaksanakan dengan lebih baik lagi program presisi yang menjadi atensi pimpinan polri sehingga dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat,” tambahnya.

Diakhir sambutan, Kapolda Riau mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembangunan Mako Polsek Pasir Penyu ini.

Usai penandatanganan prasasti peresmian Mako Polsek Pasir Penyu, dengan pemotongan pita dan foto bersama, Kapolda meninjau sejumlah ruangan Mako Polsek Pasir Penyu. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.