Inggris Berduka, Ratu Elizabeth Meninggal, 70 Tahun Berkuasa

Rakyat Inggris berduka. Ratu Elizabeth meninggal setelah 70 tahun berkuasa

LAMANRIAU.COM, INGGRIS – Rakyat Inggris berduka. Ratu Elizabeth dilaporkan meninggal dunia dalam usia 96 tahun, Kamis, 8 September 2022, waktu setempat.

Sang ratu yang telah berkuasa selama 70 tahun itu meninggal dengan damai dalam tidurnya di Balmoral Castle, Skotlandia, Inggris.

Kondisi kesehatan Ratu Elizabeth sempat menurun sejak hari Kamis lalu. Kesehatannya yang memburuk membuat seluruh anggota keluarga kerajaan Inggris bergegas pergi ke Skotlandia untuk berada di sisinya.

Menurut pihak kerajaan, Ratu Elizabeth menderita sebuah penyakit yang disebut ‘masalah mobilitas episodik’ sejak tahun lalu. Sehingga dia lebih banyak menarik diri dari publik.

Ratu Elizabeth terakhir bekerja pada hari Selasa, 6 September 2022. Saat itu dia melantik Perdana Menteri baru Inggris, Elizabeth Truss.

Ribuan orang berkumpul di depan Buckingham Palace, Kota London untuk menyampaikan duka cita mereka.

Mereka semua sama-sama terdiam dan menundukkan kepalada ketika bendera diturunkan hingga setengah tiang.

Melalui sebuah surat yang diunggah oleh akun media sosial resmi kerajaan Inggris, anak pertama Ratu Elizabeth, Pangeran Charles (selanjutnya akan disebut sebagai Raja Charles III) menyampaikan ungkapan duka citanya.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, alam semesta, Negara Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia,” tutur Pangeran Charles dalam suratnya tersebut.

Pihak keluarga kerajaan Inggris mengatakan bahwa Raja Charles III dan istrinya, Ratu Camilla, akan menetap untuk sementara di Balmoral Castle sebelum kembali ke London pada hari Jumat nanti.

Sampai berita ini dibuat, masih belum ada kejelasan dari pihak kerajaan tentang pemakaman Ratu Elizabeth.

Ratu Elizabeth sendiri tercatat sebagai penguasa Inggris dengan masa jabatan paling lama. Dia dilantik sebagai ratu pada tanggal 6 Februari 1952.

Redaktur: Denni Risman – Sumber: pikiranrakyat