Sejumlah Wilayah Ukraina Digempur Rudal Rusia Alami Pemadaman Listrik

Sejumlah instalasi listrik Ukraina terbakar drudal Rusia (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Perang Rusia-Ukraina masih terus berkecamuk. Terbaru, Rusia meningkatkan serangan dengan mengirim rudalnya ke sejumlah wilayah Ukraina, Minggu, 11 September 2022.

Akibat serangan itu, sejumlah wilayah Ukraina bagian tenggara mengalami pemadaman pada Minggu malam, 11 September, waktu setempat.

Presiden Volodymir Zelensky mengatakan penyebabnya adalah serangan rudal yang dilakukan oleh Moskow pada beberapa infrastruktur penting.

“Pemadaman total telah melanda wilayah Kharkov dan Donetsk,” kata Zelensky dalam sebuah posting media sosial, seperti dikutip dari RT, Senin, 12 September 2022

Selain dua wilayah itu, wilayah lain seperti Sumy, Dnepropetrovsk, Poltava, Zaporozhye, dan Odessa, juga dilanda pemadaman.

Rusia meluncurkan beberapa rudalnya dari kapal-kapal yang ditempatkan di Laut Hitam dan Kaspia.

Rekaman yang beredar secara online menunjukkan dampak dari serangan yang diklaim. Terlihat petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di beberapa titik, di antaranya di tempat pembangkit listrik.

Video lain, yang konon diambil di Poltava, menunjukkan sebuah bus listrik yang terbakar, tampaknya karena lonjakan listrik di jaringan.

Gubernur wilayah Kharkiv, Oleg Synegubov, dalam sebuah pernyataan di media sosial, mengatakan, saat ini tidak ada listrik atau pasokan air di beberapa pemukiman.

“Layanan darurat bekerja untuk mengendalikan kebakaran di lokasi yang dilanda,” katanya.

Pemadaman listrik telah mempengaruhi operasi kereta api Ukraina, yang melaporkan penundaan di seluruh negeri. Itu juga menghentikan sistem kereta bawah tanah di kota timur Kharkov.

Redktur: Denni Risman – Sumber: rmol