Pemko Pekanbaru Rencanakan Penggunakan Mobil listrik Bagi Pejabatnya

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun  segera membahas rencana penggunaan mobil listrik. Untuk itu dalam waktu dekat ini ia akan segera menggelar rapat khusus membahas penggunan mobil listrik khusus untuk para pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru.

“Saya akan menggelar rapat khusus. Supaya, para pejabat sudah lebih dahulu menggunakan mobil listrik,” kata Pj Wali Kota Muflihun, Jumat 16 September 2022.

Diharapkan, mobil dinas bisa segera diganti ke mobil listrik. Namun, ada aturan dalam penggunaan mobil listrik ini.

“Saya belum baca aturannya. Saya pelajari dahulu, siapa yang boleh dan tidak boleh menggunakan mobil listrik,” ucap Muflihun.

Sebagai informasi, Pemprov Riau telah mengkampanyekan transisi energi bersih ditandai dengan penandatanganan
komitmen bersama dan konvoi kendaraan listrik di Kota Pekanbaru, Minggu 11 September 2022 lalu.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan, penggunaan kendaraan listrik tanpa polusi udara dan suara dapat menurunkan biaya operasional dari penggunaan kendaraan Berbahan Bakar Minyak (BBM).

“Kami mengajak masyarakat untuk mengubah perilaku di tengah harga BBM yang semakin meningkat, sekaligus pelestarian lingkungan sesuai dengan program Riau Hijau,” katanya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Agung Murdifi mengatakan, konversi motor BBM ke motor listrik merupakan salah satu solusi dari penurunan biaya subsidi dan dekarbonisasi.

Mobil BBM dengan jarak tempuh 10 kilometer menghabiskan 1 liter BBM menghasilkan 2,4 kilogram (kg) CO2. Sedangkan mobil listrik dengan jarak sama hanya menghabiskan 1,5 kWh yang menghasilkan 1,3 kg CO2.***

Editor: zulfilmani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.