Empat Partai Politik Sambut Positif Kesiapan Anies Maju Sebagai Capres 2024

LAMANRIAU.COM, JAKARTA- Paling tidak saat ini ada empat partai politik, Partai NasDem, PAN, PKS, dan Partai Demokrat yang merespons positif kesiapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Sambutan pertama datang dari Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri. Menurutnya, PKS bisa menjadi salah satu kendaraan politik Anies jika ingin maju sebagai capres.

“Peluang masih selalu ada. Buat capres lain juga tentu kita tidak menutup komunikasi,” kata Ahmad seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat 16 September 2022.

Ahmad mengapresiasi kesiapan Anies untuk maju sebagai kandidat capres di 2024 mendatang. Ia pun menyinggung elektabilitas Anies sebagai capres di berbagai lembaga survei selalu masuk tiga besar.

Respons selanjutnya datang dari Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. Willy menilai pernyataan Anies itu sejalan dengan langkah politik yang telah diputuskan NasDem dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022.

Dalam Rakernas itu, nama Anies menjadi salah satu dari tiga nama bakal capres yang berpeluang diusung NasDem di Pilpres 2024.

“NasDem kan sudah mencalonkan Pak Anies, hasil keputusan Rakernas. Tentu ini gayung bersambut, kesiapan NasDem tentu akan sudah dicalonkan oleh NasDem keputusan Rakernas itu ada responsnya,” ujar Willy.

Partai berikutnya yang merespon positif adalah Partai Demokrat. Melalui Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Kamhar Lakumani mengaku menghormati kesiapan Anies maju di Pilpres.

Partai Demokrat sepertinya bakal menyandingkan Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudoyono.

“Nama Mas Anies sendiri sebelumnya telah dipresentasikan DPD Partai Demokrat DKI Jakarta untuk bisa berpasangan dengan Mas Ketum AHY,” kata Kamhar.

Gayung pun bersambut dari PAN merespons kesiapan Anies maju Capres. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan pernyataan Anies itu merupakan hal yang baik dalam proses demokrasi di Indonesia.

“Jika Mas Anies Baswedan menyatakan siap maju sebagai calon presiden, PAN mengapresiasi dan hal itu akan baik dalam proses kehidupan berdemokrasi di Indonesia,” ujar Viva.

Bahkan, Viva menyinggung Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PAN 2022 memasukkan nama Anies sebagai salah satu tokoh yang diusulkan untuk diusung di Pilpres 2024 mendatang.Namun, belum ada satu parpol pun yang secara resmi menyalonkan Anies untuk Pilpres 2024 hingga sekarang.***

Editor: Zulfilmani/ sumber: cnn.com

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *