Buntu di Babak Pertama, Indonesia Akhirnya Lolos ke Piala Asia

Pasukan Tim Nasional Indonesia merayakan kemenangan dalam kualifikasi Gruf F Piala asia 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

LAMANRIAU.COM, SURABAYA – Tim Nasional Inndonesia U-20 akhirnya lolos ke Piala Asia 2023 setelah mencatat kemenangan 3-2 atas Vietnam pada kualifikasi Gruf F yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu 18 September 2022 malam.

Timnas U20 Indonesia vs Vietnam menjalani laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2023 dengan membangku cadangkan Marselino Ferdinan. Tampil dengan formasi 4-4-2, posisi jenderal lapangan tengah yang sebelumnya diisi Marselino Ferdinan diisi Zainudin Faris.

Tampil dengan seragam merah-merah, Timnas U20 Indonesia langsung melakukan tekanan dari sisi kiri pertahanan Vietnam. Pasukan Garuda Nusantara sudah mendapatkan peluang emas pertama pada menit ke-3, lewat sebuah skema serangan dari kanan yang disambar Ronaldo Kwateh. Bola meluncur deras, namun berasil diblok penjaga gawang Vietnam.

Hoky Caraka yang berada dalam kotak penalti, berusaha menyambar bola. Namun usahanya tak berhasil memanfaatkan bola liar yang terlepas dari penjaga gawang lawan. Vietnam yang tertekan di menit-menit awal, berusaha kelaur untuk melakukan serangan balasan. Namun mampu diredam lini pertahanan Timnas U20 Indonesia.

Sempat terjadi ketegangan pada menit ke-12, setelah Hoky Caraka dilanggar cukup keras pemai Vietnam. Kejadian itu memancing kapten Timnas U20 Indonesia Muhammad Ferari. Namun wasit berhasil meredamnya, dan menghasilkan tendangan bebas bagi Garuda Nusantara. Presing yang dilakukan Ferrari cs membuat Vietam bermain keras.

Sampai wasit meniupkan peluat tanda babak pertama berakhir, Timnas U20 Indonesia vs Vietnam imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Marselino Ferdinan masuk menggantikan Ronaldo. Pada menit ke-59, kebuntuan pecah setelah Marselino Ferdinan melepas tendangan dari luar kotak penalti. Skor berubah 1-0.
Lebahagiaan Timnas Indonesia seakan buyar setelah menit ke-64, gawangnya dijebol pemain Vietnam yang mengubah skor menjadi 1-1. Terlebih 15 menit berikutnya Vietnam berhasil membalikkan keadaan menjadi 1-2 pada menit ke-79. Dinh Xuan Tien berhasil menceploskan bola ke gawang dalam situasi satu lawan satu.

Tidak mau asa hilang begitu saja, serangan demi serangan terus dilancarkan anak asuh Shin Tae Young ke gawang lawan. Jual beli serangan pun semakin sengit menjelang meni-menit akhir pertandingan.

Berkat sundulan kepala Ferrari yang memanfaatkan umpan dari sepak pojok, Indonesia berhasil melepas malu dari kandang sendiri dengan menyamakan kedudukan. Ferrari menyundul masuk bola sepak pojok dan masuk menjadi 2 sama.

Kemenangan Indonesia akhirnya ditentukan oleh gol Rabbani Tasmin pada menit ke-85, setelah menceploskan bola tap-in dari umpan tarik Alfriyanto Nico yang menembus pertahanan Vietnam. Skor 3-2 untuk Indonesia bertahan hingga pluit panjang berakhir.

Hasil ini membuat Indonesia keluar sebagai juara Grup F dengan sembilan poin. Garuda Nusantara pun lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Indonesia berhasil mengumpulkan poin sempurna sembilan diatas Vietnam yang hanya 6 poin, dibawah itu ada Timor Leste 3 poin dan Hongkong tanpa kemenangan sekalipun. ***

Editor: Fahrul Rozi