Pj Walikota Pekanbaru Minta Setiap Kecamatan Sediakan Lahan Untuk Tanam Cabai

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Untuk mendukung gerakan menanam cabai di Pekanbaru,  Pj Wali Kota Pekanbaru Mulfihun kerahkan setiap kecamatan untuk memiliki lahan khusus untuk menanam cabai.

Gerakan menanam cabai merah ini sebagai upaya mencegah inflasi terjadi. Apalagi komoditas cabai merah menjadi satu penyumbang inflasi di Pekanbaru.

Muflihun menyebut gerakan ini juga menjadi cara mencegah lonjakan harga cabai merah di pasaran. Ada rencana setiap kecamatan nantinya membuka lahan khusus untuk menanam cabai merah.

Untuk keseriusan mendukung  gerakan menanam cabai ini. Pj Walikota Muflihun telah menggelar rapat bersama para camat dan penyuluh pertanian di ruang Multimedia Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Selasa 20 Septeber 2022 kemarin.

Rapat ini  merupakan kelanjutan dari instruksi Gubernur Riau untuk menggalakkan gerakan menanam cabai merah.

“Nantinya kita instruksikan para penyuluh pertanian mendampingi, agar hasil cabai merah yang ditanam bisa panen,” ujarnya

Muflihun mengatakan para penyuluh bakal mendampingi masyarakat yang bercocok tanam cabai merah di lahan tersebut. Ia berharap nantinya hasil tanam cabai ini bisa dipanen setelah disemai.

Muflihun berharap  gerakan menanam cabai bisa berkelanjutan sehingga dapat membantu meñambah  pasokan cabai lokal terutama untuk Kota Pekanbaru.
Jika hal ini  tercapai  bisa membuat harga cabai merah pun menjadi lebih murah. Apalagi selama ini cabe merah merupakan satu penyumbang inflasi di Kota Pekanbaru.

“Jadi kita berkembang, ya tinggal seperempat kebutuhan saja yang dipasok dari luar Pekanbaru,” paparnya.

Walau demikian, Mulfihun belum memastikan luas lahan yang bakal menjadi tempat menanam cabai merah. Ia menyebut tim Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru serta Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru sedang melakukan pendataan lahan di setiap kecamatan. ***

Editor: zulfilmani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.