Pemko Gelar Vaksinasi Merdeka Serentak untuk 17 Ribu Lebih Warga

Pj Wako Pekanbaru Muflihun SSTP MAP (kiri) beserta jajanan mendampingi Kapolda Riau Irjen (Pol) M Iqbal meninjau dan melihat langsung penyuntikan vaksin Covid-19 pada masyarakat saat pelaksanaan Vaksinasi Merdeka di MPP Pekanbaru, Kamis (22/9/2022).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar Vaksinasi Merdeka serentak bersama Polda Riau di 17 lokasi, Kamis 22 September 2022. Kegiatan ini diharapkan bisa mempercepat capaian vaksinasi booster Covid-19 dengan sasaran 17.460 orang warga Pekanbaru.

Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru Jalan Jendral Sudirman. Hadir langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP dan Kapolda Riau Irjen (Pol) Muhammad Iqbal.

Pj Wako Pekanbaru Muflihun SSTP MAP memberikan sambutan dalam pelaksanaan vaksinasi Merdeka di MPP Pekanbaru, Kamis (22/9/2022).

Menurut PJ Wako Pekanbaru Muflihun, kegiatan vaksinasi Covid-19 secara serentak ini sengaja dilakukan oleh Pemko Pekanbaru dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di ibukota Provinsi Riau ini.

Pasalnya meskipun saat ini Kota Pekanbaru masuk dalam PPKM level 1 namun pencapaian vaksinasi Covid-19 khususnya booster pertama masih perlu ditingkatkan. Sehingga Pemerintah Kota Pekanbaru menargetkan vaksinasi Merdeka ini dapat diikuti sebanyak 17.460 orang peserta.

“Kegiatan ini merupakan inisiasi Kapolda Riau dan Dandrem yang bertujuan untuk meminimalisir jumlah pasien covid di kota Pekanbaru. Namun kegiatan sempat tertunda karena stok vaksin yang terbatas sehingga baru kali ini bisa dijalankan, ” Kata Pj Wako Pekanbaru.

Dia melanjutkan, Vaksinasi Merdeka merupakan upaya menanggulangi Covid-19 dengan mengajak masyarakat untuk menuntaskan vaksinasi.

“Kami menargetkan sebanyak 17 ribu orang lebih yang penyebaran nya ada di 17 lokasi termasuk di MPP ini, ini kita lakukan sebagai upaya menuntaskan pemberian vaksin, baik dosis satu, dosis dua dan dosis ketiga,” paparnya.

Lanjut Muflihun, meskipun saat ini kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru cenderung mengalami penurunan. Namun pemerintah kota tetap berupaya menggesa pemberian vaksin.

“Kita sudah bekerjasama dengan semua pihak, untuk mengajak masyarakat yang belum suntik vaksin. Percepatan vaksinasi akan terus kita galakan agar terciptanya herd imunity,” tegasnya.

Kapolda Riau Irjen (Pol) M Iqbal memberikan sambutan dan menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Vaksinasi Merdeka oleh Pemko Pekanbaru di MPP Pekanbaru, Kamis (22/9/2022).

Sementara Kapolda Riau Irjen (Pol) Muhammad Iqbal mengaku sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Pekanbaru yang tidak terlena setelah landainya penyebaran Covid-19. Terbukti dengan masih semangat dan antusiasnya Pemko dan masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi langkah ini, karena vaksinasi Covid-19 di Pekanbaru sudah sangat luar biasa melebihi target. Namun untuk vaksinasi booster memang harus ditingkatkan, ” ucapnya.

Irjen Iqbal juga mengimbau kepada masyarakat dan seluruh pihak di Kota Pekanbaru untuk menyukseskan vaksinasi booster dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik didalam rumah maupun luar ruangan.

“Saya berharap kegiatan vaksinasi massal ini terus dilakukan agar kita bisa meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru. Karena Pekanbaru merupakan pusat dari segudang kegiatan di Provinsi Riau sehingga Pekanbaru harus menjadi contoh suksesnya kegiatan vaksinasi Covid-19 ini,” tutupnya.

Pj Wako Pekanbaru Muflihun bersama jajaran, Kapolda Riau Irjen M Iqbal dan Forkopimda Kota Pekanbaru serta Forkopimda Provinsi Riau berfoto bersama saat pelaksanaan Vaksinasi Merdeka, Kamis (22/9/2022).

Tetap Waspada

Dalam pada itu, Pemko Pekanbaru, mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai penyebaran Covid-19. “Kami tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan jangan abai. Karena pandemi Covid-19 ini belum berakhir,” ujar Kepala Diskes Kota Pekanbaru, dr. Zaini Rizaldy Saragih.

Dia kembali mengingatkan, agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan guna antisipasi penyebaran virus. Selain itu, masyarakat juga diminta melakukan vaksinasi Covid-19 hingga dosis lengkap atau booster.

Pemerintah kota juga tetap masih menyediakan fasilitas kesehatan jika sewaktu-waktu terjadinya peningkatan kasus. Ada sejumlah ruang isolasi yang disiapkan. Diantaranya di Rusunawa Rejosari, Gedung BPSDM, Gedung Bapelkes, Gedung LPMP, dan Asrama Haji Riau. (ADV)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews