Tanah Garam Kota Solok Dilanda Banjir, Ratusan Warga Mengungsi

tanah garam kota solok di landa banjir ratusan warag mengungsi
Walikota Solok Zul Elfian meninjau kawasan banjir di Kelurahaan Tanah Garam, KOta Solok, Minggu, 2 Oktober (net)

LAMANRIAU.COM, SOLOK – Banjir melanda kawasan Tanah Garam, Kota Solok, Sumatera Barat, Minggu, 2 Oktober 2022 dini hari. Ratusan terpaksa mengungsi ke tempat aman.

Banjir Tanah Garam itu disebabkan meluapnya Batang (sungai) Gawan.

Kalaksa BPBD Kota Solok, Herman mengatakan, peristiwa banjir di picu akibat hujan deras yang terjadi sejak Sabtu, 1 Oktober 2022. Ratusan rumah warga empat RW dengan tujuh RT di Kelurahan Tanah Garam terkena banjir.

Luapan air mulai menggenangi rumah warga sekitar pukul 03.00 Wib. Kedalaman banjir cukup bervariasi, mulai 1 meter hingga 1,5 meter.

“Diperkirakan ada ribuan jiwa yang terdampak akibat banjir. Kita saat ini masih melakukan pendistribusian makanan,” ucap Herman seperti di kutip klikpositif, Minggu 2 Oktober.

Pihak BPBD Kota Solok memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kendati demikian, kerugian materil cukup banyak. Apalagi, banjir juga merendam areal pertanian milik warga.

Peristiwa banjir tersebut juga mendapat perhatian langsung dari Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar.

Wako langsung turun meninjau kondisi warga yang terdampak banjir di Kelurahan Tanah Garam dan daerah lainnya.

Selain di daerah Tanah Garam, banjir juga terjadi di daerah Kelurahan IX Korong dan Simpang Rumbio. Kedalaman air diperkirakan mencapai 50 Cm.

Editor: Denni Risman/Penulis: M. Amrin

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews