Longsoran Salju Gunung Himalaya Tewaskan 10 Pendaki, 20 Lainnya Hilang

Longsoran Salju Gunung Himalaya Tewaskan 10 Pendaki
Longsoran slju di Himalaya telah tewaskan 10 pendaki (net)

LAMANRIAU.COM, INDIA – Longsoran salju di pegunungan Himalaya India telah menewaskan sedikitnya 10 pendaki. Sekitar 20 pendaki lainnya di nyatakan hilang.

Di kutip BBC, peristiwa terjadi saat 34 peserta pelatihan dan tujuh instruktur sedang berlatih navigasi. Saat itu mereka tertabrak longsoran salju saat turun dari puncak gunung itu di negara bagian utara Uttarakhand.

Polisi mengatakan 14 orang telah diselamatkan. Sementara hampir 20 orang masih hilang.

Kelompok ini terdiri dari peserta pelatihan dari Institut Pendakian Gunung Nehru di dekatnya. Mereka di ketahui telah kembali dari Gunung Drupadi Danda-2 (5.670m; 18.602 kaki) ketika longsoran salju melanda.

Petugas penyelamat mengatakan pihak berwenang di siagakan sekitar pukul 09:30 waktu setempat (04:00 GMT) pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Upaya pencarian di hentikan semalam karena hujan dan salju, tetapi di lanjutkan pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Kepala polisi Uttarakhand Ashok Kumar mengatakan kepada kantor berita ANI bahwa tim penyelamat dapat memulai kembali operasi karena cuaca telah cerah.

“Hari ini sudah di temukan enam jenazah. Dan hingga saat ini total sudah di temukan 10 jenazah,” katanya.

Sebelumnya, Kumar mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Angkatan Udara India sedang melakukan pengintaian udara di gunung tersebut karena “tidak mudah untuk mencapai tempat” di mana kecelakaan itu terjadi.

“Sangat sedih dengan hilangnya nyawa yang berharga karena tanah longsor yang melanda ekspedisi pendakian gunung yang dilakukan oleh Institut Pendakian Gunung Nehru di Uttarkashi,” cuit Menteri Pertahanan Rajnath Singh di Twitter.

Editor: Denni Risman – Sumber: okezone

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews