Evaluasi Kinerja, Bupati Buka Rakor Kades dan Camat se-Inhu

Bupati Rezita Meylani membuka kegiatan Rakor Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (12/10/2022). (Foto: Asrul Hadi)

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2022 di Ruang Auditorium Yopi Arianto lantai IV Kantor bupati Inhu, Rabu  12 Oktober 2022. 

Rakor dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Syahrudin, S.Sos, MP, para Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkup Pemkab Inhu, Camat se-Kabupaten Inhu, Lurah se-Kabupaten Inhu, Kades se-Kabupaten Inhu serta tamu undangan lainnya.  

Rakor ini diawali dengan penyerahan piagam dan tropi serta hadiah kegiatan Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) Kabupaten Inhu tahun 2022 kepada juara pertama Kecamatan Sungai Lala uang pembinaan Rp 10 juta, juara kedua Kecamatan Peranap uang pembinaan Rp 8 juta dan juara ketiga Kecamatan Rengat uang pembinaan Rp 6 juta. 

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE dalam sambutannya mengatakan dalam upaya pencapaian tujuan otonomi daerah dan otonomi desa, maka perlu didukung oleh kemampuan atau kapasitas aparatur pemerintahan serta terbangunnya koordinasi dan komunikasi yang baik antara camat, lurah dan kepala desa agar terwujudnya Otonomi Daerah dan Desa.

Bupati berharap kepada seluruh kepala desa untuk terus meningkatkan kinerjanya bersama-sama dengan seluruh anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dan komponen masyarakat lainnya untuk dapat meningkatkan pelayanan dan pembangunan desa dari kondisi yang ada pada saat ini.

Dia juga mengingatkan bahwa besaran dana desa untuk tahun 2023 akan meningkat dari Rp 147 miliar menjadi Rp 150 miliar, peningkatan ini tidak terlepas dari adanya dana operasional desa sebesar 3 % yang bisa digunakan untuk biaya koordinasi, biaya penanggulangan kerawanan sosial masyarakat dan biaya-biaya kegiatan khusus lainnya sesuai dengan peraturan perundangan yang ada. Kepada semua kepala desa bupati instruksikan untuk segera melaksanakan langkah-langkah penyusunan perencanaan APB Desa tahun 2023 sesuai ketentuan serta tepat waktu. 

“Apabila APB Desa tahun 2023 ini bisa bapak kades tetapkan akhir tahun ini sesuai aturan kemudian spj tahun berjalan juga segera bisa diselesaikan sebagai persyaratan pencairan ADD, maka permintaan bapak dan ibu kades agar siltap kades dan perangkat desa bisa dibayarkan rutin setiap bulan dari dana ADD Kabupaten Indragiri Hulu saya upayakan bisa diwujudkan,” ucap Rezita

Dikesempatan itu Bupati Rezita juga mengingatkan bahwa proses pesta demokrasi berupa pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif tahapannya akan dimulai pertengahan tahun depan. “Di minta kepada semua tentunya untuk ikut serta menyukseskan pesta demokrasi tersebut,” utup bupati Rezita.

Sementara itu Plt. Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Inhu Bambang Sunarto,S.Sos dalam laporannya  menyampaikan, jumlah peserta sebanyak 208 orang terdiri dari 14 Camat, 16 Lurah dan 178 Kades.

Menurut Bambang, rakor yang diaelenggarakan ini sebagai upaya strategis dalam mensinkronisasikan arah kebijakan pembangunan dan pencapaian visi misi Kabupaten Inhu, mengevaluasi kinerja dan meningkatkan kinerja camat, lurah dan kades khususnya di bidang pemerintahan, pembangunan, sosial kemasyarakatan, serta mempererat silaturahmi bersama, tentunya dalam menampung suatu aspirasi yang ada di kecamatan, kelurahan dan desa. 

Sesi lain dalam rakor ini di lanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber KPU Kabupaten Inhu, Badan  Pengawas Pemilu Kabupaten Inhu, Biro Pemerintahan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Inhu. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *