Ini Tiga Nama Cawapres Bakal Diusulkan PKS Dalam Koalisi

LAMANRIAU.COM, JAKARTA– Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS sebutkan beberapa nama usulan calon wakil presiden (cawapres) jika nantinya sepakat mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

Menurut Ketua Departemen Politik DPP PKS Nabil Ahmad Fauzi nama-nama itu nantinya akan ditawarkan melalui rencana koalisi mereka bersama Partai Demokrat dan NasDem.

“Jika akhirnya kami resmi mengusung Anies, tentu kami akan memperjuangkan figur kami untuk pendamping capres yang kami usung,” kata Nabil.

Nama-nama yang bakal ditawarkan tersebut adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, hingga mantan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Ahmad Heryawan alias Aher adalah Gubernur Jawa Barat dua periode yang menjabat sejak 2013-2018.

Sedangkan Hidayat Nur Wahid saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR. Ia pernah menjadi Ketua MPR di masa Presiden SBY pada 2004-2009.

Lalu, Irwan Prayitno adalah Gubernur Sumatra Barat dua periode. Ia terpilih pada Pilkada 2010 dan 2015.

Nabil mengakui rencana koalisi PKS dengan NasDem dan Demokrat saat ini terkendala nama cawapres.

Nabil enggan mengungkapkan lebih lanjut soal itu. Menurut dia, ketiga partai saat ini masih berdiskusi secara internal

“Pembahasan cawapres kan mengandaikan sudah jelas partai-partai yang akan mengusung Anies. Jadi mestinya di tahap itu dulu saja,” kata dia.

Nabil pun mengakui nama Anies cukup menguat di akar rumput PKS. Anies merupakan sosok yang paling diterima oleh para kader.

Namun, dia bilang saat ini situasi masih sangat dinamis. Menurut Nabil, masih banyak perhitungan dan pertimbangan untuk mencapai kesepakatan final.

“Anies figur paling kuat di akar rumput PKS,” katanya.

Sebagai informasi, NasDem, Demokrat, dan PKS mengklaim terus menjalin komunikasi intens dalam rangka membangun koalisi menghadapi Pemilu 2024. Namun, hingga deklarasi Anies capres oleh NasDem, ketiga partai belum mengumumkan deklarasi koalisi.***

Editor:Zulfilmani/Penulis: Pajar Safika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *