Daun Pepaya, si-Pahit yang Kaya Manfaat

LAMANRIAU.COM –┬áSemua orang pasti tahu bahwa daun pepaya rasanya pasti pahit. Namun dibalik rasanya yang pahit itu daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, manfaat daun pepaya untuk kesehatan juga tak kalah banyak dengan buahnya yang dikenal memiliki berbagai khasiat.

Daun pepaya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tak heran daun pepaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. 

Di samping bermanfaat untuk kesehatan dan rasa yang pahit itu, daun pepaya juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti lotek, pecel, hingga dijadikan sayuran pelengkap berbagai makanan yang ditumis.

Lalu apa saja manfaat daun pepaya terhadap kesehatan? Melansir dari Pharmeasy yang dikutip oleh kontan.co.id, berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan, di antaranya: 

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Daun pepaya bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengurangi keinginan manis dan risiko terkena diabetes. 

Dari beberapa penelitian, mengkonsumsi ekstrak daun pepaya dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol karena adanya serat makanan di dalamnya.

2. Melancarkan Pencernaan

Enzim papain yang ada dalam daun pepaya dapat membantu proses pencernaan dengan cara memecah protein.  Dengan meminum segelas jus daun pepaya setiap hari dapat mencegah banyak masalah pencernaan seperti sembelit dan lain-lain

3. Mencegah Kanker

Daun pepaya mengandung likopen yang memiliki sifat antikanker. Kandungan tersebut bermanfat untuk mencegah perkembangan sel kanker dan komplikasi lebih lanjut. 

Penelitian membuktikan, ekstrak daun pepaya efektif dalam kanker usus besar dan prostat. Ekstrak daun pepaya juga kaya akan antioksidan yang menetralisir pertumbuhan sel kanker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain, dan alkaloid yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat selanjutnya daun pepaya sangat cocok bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Jus daun pepaya rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membuat perut Anda kenyang untuk waktu yang lama. 

Serat makanan yang secara alami ditemukan di dalam daun pepaya mendetoksifikasi tubuh Anda dan meningkatkan metabolisme yang mengarah pada penurunan berat badan.

 6. Mengurangi Sakit Haid

Bagi para wanita, mengkonsumsi daun pepaya disebut-sebut dapat mengurangi sakit haid loh. Pasalnya, terdapat senyawa dalam daun pepaya yang bermanfaat untuk melancarkan keluarnya darah dari rahim. Sehingga sakit haid bisa sedikit berkurang.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan vitamin di dalam daun pepaya mempunyai manfaat yang dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Vitamin C dan potasium yang ada dalam daun pepaya juga meningkatkan sirkulasi darah yang sehat serta menjaga arteri Anda tetap bersih.

8. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat besar pepaya dan daunnya adalah untuk kesehatan kulit. Hal tersebut dikarenakan adanya nutrisi yang berbeda dalam daun pepaya yang berperan menjaga kulit Anda bersih dan jernih. 

Selain itu, ekstrak daun pepaya memiliki efek pelembab dan dapat mencegah kulit kering dan pecah-pecah ketika dioleskan.

Sifat antioksidan yang ada dalam daun pepaya juga dapat membantu Anda memperlambat proses penuaan dan bermanfaat untuk kesehatan kulit lainnya.

9. Mengobati Demam Berdarah

Jus daun pepaya adalah salah satu pengobatan yang efektif untuk demam berdarah. Seiring dengan obat-obatan allopathic, obat tradisional ini bekerja secara ajaib untuk menurunkan suhu tubuh.

Demam berdarah menurunkan jumlah trombosit darah, dan ekstrak daun pepaya diketahui membantu meningkatkan jumlah trombosit. 

Sebuah studi membuktikan bahwa ekstrak daun pepaya berkontribusi pada produksi trombosit dan meningkatkan jumlah trombosit. Hal tersebut juga mencegah komplikasi demam berdarah seperti ruam di seluruh tubuh, pendarahan, dll. 

10. Mencegah Infeksi Malaria

Selain dapat mengobati demam berdarah, Daun pepaya juga bagus untuk mencegah infeksi malaria. Daun pepaya mengandung senyawa bernama acetogenin yang mencegah penyakit seperti malaria atau demam berdarah.

Editor: Zulfilmani/ sumber: kontan.co.id

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *