Ganjar Pranowo Ditegur Dewan Kehormatan PDIP

LAMANRIAU.COM, JAKARTA- Ganjar Pranowo mendapat teguran keras dari Dewan Kehormatan PDIP. Gubernur Jawa Tengah ini dianggap telah melanggar instruksi terkait komunikasi politik.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan instruksi yang dimaksud ada dalam surat No 4503/internal/dpp-10/2022 yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat PDIP pada 7 Oktober lalu,
Yang ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Hasto.

“Surat ini sangat jelas tidak bisa ditafsirkan berbeda, sehingga Pak Ganjar dinilai melanggar instruksi,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat beberapa hari lalu.

Terkait teguran itu, Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun menyebut Ganjar memang tidak melanggar aturan internal, namun komunikasi politiknya membuat publik multitafsir.

“Supaya keadilan ditegakkan ke seluruh anggota. Kami,  saya sampaikan jatuhkan sanksi teguran lisan kepada Pak Ganjar Pranowo sebagai kader,” ujarnya.

Kenapa begitu? Karena Ganjar adalah  bukan kader baru. Gubernur Jawa Tengah ini termasuk senior, karena beliau harus lebih disiplin lebih dibandingkan anggota lainnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo sempat menyatakan kesiapan mencalonkan diri sebagai presiden pada 18 Oktober lalu. Ganjar menjelaskan semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi presiden.

Namun, beberapa hari kemudian Ganjar mengubah pernyataannya. Ia mengatakan keputusan soal Capres merupakan kewenangan penuh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Buntut pernyataannya itu, Sekretaris Jendral PDI Perjuangan Hasto Kristianto menyebut akan memanggil Ganjar Pranowo dan FX Rudi untuk dimintai klarifikasi.***

Editor: Zulfilmani/ Sumber: CNNIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *