Waspada! Penderita Jantung Bengkak Jarang Merasakan Gejalanya

LAMANRIAU.COM– Pada dasarnya, jantung bengkak bukanlah suatu penyakit melainkan suatu kondisi yang bisa muncul di beberapa penyakit.

Pembengkakan jantung atau kardiomegali merupakan masalah yang terjadi di otot jantung. Hal tersebut menyebabkan jantung menebal, membesar, hingga membengkak.

Adapun konsekuensi dari pembengkakan jantung berupa gagal jantung atau aritmia (detak jantung yang tidak normal). Maka dari itu, jika gejala jantung bengkak muncul, Anda disarankan untuk segera mendapatkan pertolongan medis.

Sebagian orang yang menderita jantung bengkak pada awalnya tak merasakan gejala apapun. Meski demikian ada beberapa gejala yang biasa ditemui pada sebagian penderita jantung bengkak, seperti:

a. Kaki, lutut, dan pergelangan kaki membengkak
b. Sesak atau batuk saat berbaring
c. Detak jantung sangat cepat
d. Pusing hingga menyebabkan pingsan
e. Tidak bisa bernapas dengan baik
f. Abdomen terasa membengkak akibat adanya penumpukan cairan
g. Rasa tidak nyaman seperti mendapat tekanan di bagian dada

Penderita jantung bengkak bisa mengalami dan merasakan gejala yang berbeda-beda. Sebagian orang merasakan gejala ringan dalam jangka waktu panjang, namun ada juga yang tak merasakan sama sekali, atau justru bisa sangat merasakan gejala yang muncul.

Oleh karena itu, penyakit ini baru bisa terdeteksi setelah seseorang melakukan pemeriksaan rontgen dada.

Anda bisa terhindar dari risiko ini dengan menerapkan gaya hidup lebih sehat. Anda bisa mulai dengan meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi alkohol, dan malas berolahraga.

Editor: Zulfilmani/ sumber cnbcIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *