Umum  

Curah Hujan Tinggi, BPBD Riau Ingatkan Kabupaten Kota Agar Siaga

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU -intensitas hujan di Riau beberapa waktu belakangan ini semakin tinggi. Kondisi ini  berpotensi terjadinya banjir di beberapa wilayah di Riau. Terutama di daerah-daerah yang berada di daerah aluran sungai.

Meskipun belum ada daerah yang meminta bantua,  namun untuk mengantisipasi dampak buruk akibat banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyiagakan personil dan peralatan untuk membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan adanya bencana yang terjadi di Riau dan juga permintaan bantuan. Namun, pihaknya sudah menyiagakan sarana dan prasarana termasuk personel dan logistik yang siap dikirim ke daerah yang membutuhkan bantuan.

“Meskipun belum menerima permintaan bantuan, tapi kita sudah standby-kan semua. Apalagi sekarang sudah mulai masuk musim hujan, semua peralatan, personel dan logistik sudah kita siapkan,” katanya.

Meskipun begitu BPBD Riau sudah menyampaikan kepada BPBD Kabupaten/Kota untuk siap siaga. Karena saat ini sudah terjadi peralihan musim dari kemarau ke penghujan. Sehingga BPBD kabupaten kota diminta meningkatkan kewaspadaan.

“‎Kami sudah sampaikan ke BPBD Kabupaten/Kota, agar semua peralatan dan personel termasuk logistik, semua disiapkan. Kalau memerlukan bantuan segera laporkan kepada kami,” ujarnya.

Disinggung terkait status siaga banjir tahun 2022, pihaknya mengaku saat ini masih akan melakukan kajian terlebih dahulu. Pasalnya, untuk menetapkan status tersebut ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Kita akan mengkaji status siaga banjir untuk antisipasi bencana banjir, karena wilayah Riau sudah masuk musim hujan,” katanya. 

Editor: Zulfilmani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *