DLHK Pekanbaru Diminta Punya Inovasi  Dalam Penangan Sampah

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun berharap Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) terus berinovasi dan memikirkan cara yang efektif dan efesien dalam penanganan sampah di Kota Pekanbaru.

Selain itu DLHK diharapka bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Hal ini mengingat DLHK mempunyai tugas yang sangat berat dalam pengelolaan sampah.

Hal ini disampaikan Muflihun usai menggelar rapat koordinasi dengan DLHK di ruang rapat Mal Pelayanan Publik (MPP), Kamis 3 November 2022.

“Saya minta DLHK ini bisa melaksanakan tugas pokoknya dengan baik, karena mengingat tugas DLHK itu banyak sekali. Banyak sampah yang berserakan di Pekanbaru. Jadi kami minta masing-masing dinas termasuk DLHK untuk bisa melaksanakan Tupoksinya dengan baik,” ujar Muflihun saat rapat di ruang Mal Pelayanan Publij Kamis 3 November 2022.

Muflihun mengatakan,  menurut DLHK salah satu masalah utama yang dihadapi dalam penangan sampah adalah kurang memadainya jumlah armada untuk pengangkutan sampah.

Junmlah armada yang tersedia saat ini  kata Muflihun tidak cukup bila dibandingkan dengan luas wilayah. 

“Sampah yang dihasilkan dari 360.000 rumah tangga  di Pekanbaru ini hanya ditangani oleh 30 truk sampah. Hal ini tidak masuk akal,” jelasnya.

Untuk itu ke depan dirinya meminta DLHK untuk bisa mengkaji kontrak angkutan sampah dengan pihak ketiga.

“Harus tahu jumlah sampah yang diangkut di tiap rumah, ruko hingga pabrik. Artinya, pengangkutan sampah bisa terukur dengan armada yang ada. Itu kita minta,” tandasnya.***

Editor: Zulfilmani/ Penulis: Pajar safika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *