Sekdakab Inhu Tinjau Langsung Panen Padi Sawah Bersama di Teluk Sejuah Kelayang

Sekretaris Daerah Kabupaten Inhu Ir. H. Hendrizal M.Si melakukan panen padi sawah di Desa Teluk Sejuah, Kelayang, Rabu (9/11/2022).

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Pemeritah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan kegiatan panen padi sawah di salah satu Kelompok Tani (Poktan) Desa Teluk Sejuah Kecamatan Kelayang, Rabu 9 November 2022.

Kegiatan panen ini dilakukan Bupati Inhu diwakili Sekretaris Daerah Ir H Hendrizal M.Si. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Joni Maryanto, S.Pi, M.Si, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu, Bonayus Pariza, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir Hj Isnidar dan rombongan lainnya. 

Rombongan disambut hangat masyarakat setempat bersama Camat Kelayang, Rosmidah, S.Sos, Kepala Desa Teluk Sejuah Elfizon, sejumlah kades dan Forkopimcam Kelayang. 

Kunjungan ini dalam rangka meninjau secara langsung kegiatan panen padi di salah satu sawah milik Kelompok Tani dan penyebaran benih ikan.

Bupati Inhu dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Hendrizal, Pemkab Inhu mengapresiasi kegiatan masyarakat yang ada di Desa Teluk Sejuah. Dari 76 hektar luas sawah yang terbentang, yang ditanami padi hanya 25 hektar, hal ini dikarenakan adanya kendala.

“Kendala tersebut salah satunya banjir dimana lahan tidak tertanam kurang lebih 3 tahun lamanya,” kata Sekda.

Ada kekhawatiran Pemkab jika lahan dibiarkan dialihfungsikan untuk ditanami sawit dan ini menyalahi Undang-Undang yang mengatur alih fungsi areal/lahan. Karena itu jika ada program bantuan dari Pemerintah Provinsi seperti sumber irigasi dan pompa dapat sangat membantu sekali karena lokasi tak jauh dari Sungai Indragiri.

“Pompa air berguna pada saat musim kemarau dan pada saat musim banjir juga bisa difungsikan untuk menyedot air,” tambahnya.

Pemkab Inhu akan terus memperhatikan potensi-potensi yang ada di daerah, salah satunya sektor ekonomi seperti peetanian padi dan peternakan ikan.

Peninjauan secara langsung dan ikut panen bersama ini, merupakan salah satu upaya nyata pemerintah dalam mendukung ekonomi masyarakat dan menjaga ketahanan pangan.

Sementara Camat Kelayang Rosmidah, S.Sos dalam sambutan menjelaskan kondisi sawah milik Poktan di Desa Teluk Sejuah seluas 76 hektar. Ada lima Poktan yaitu, Poktan Suka Maju, Sejahtera Tani, Makmur Karya Bersama, Sumber Tani dan Sinar Mentari PTD.

“Saat ini sawah yang di tanami hanya 25 hektar yang dikelola 3 poktan yaitu, Piktan Suka Maju, Sejahtera Tani dan Makmur Karya Bersama,” katanya.

Camat Rosmidah juga menyampaikan keluhan dari masyarakat khususnya petani sawah. Dalam 3 tahun terakhir padi tidak dipanen karena rusak disebabkan kesulitan air ketika musim kemarau, banyak hama tikus dan burung.

Salah satu upaya mencegah hama tersebut dengan memakai terpal untuk pagar keliling sawah dan jaring burung. Selain itu perlu penambahan box cultver.

Kegiatan panen padi berjalan dengan lancar dan dilanjutkan dengan penaburan benih ikan. Antusias masyarakat turut serta dalam kegiatan panen tersebut cukup tinggi, hal ini terlihat saat panen bersama Sekda. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *