Kampar  

Resmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Jokowi Kunjungan Kerja ke Riau

Resmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Jokowi Kunjungin Riau

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Tol Pekanbaru-Bangkinang akan di resmikan oleh Presiden Indonesia Yaitu Joko Widodo Pada Rabu 4 Januari 2023. Tercatat jalan bebas hambatan itu sudah menerapkan tarif pada 25 Desember lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kerja ke Riau. Ada dua agenda penting yang akan di lakukan presiden adalah resmikan tol Pekanbaru-Bangkinang dan juga meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis (Durolis).

Baca: Realme 10 Pro Series 5G Akan Hadir Pada 10 Januari Mendatang

Kepala Dinas Kominfotik Riau, Erisman Yahya mengatakan, agenda pertama akan melakukan peresmian tol Pekanbaru – Bangkinang.

”Jadwalnya masih tentatif, masih di koordinasikan dengan pihak istana kepresidenan. Ada beberapa agenda, selain dua agenda besar itu, nanti di komunikasikan lagi,” ujarnya, Selasa 3 Januari 2023.

Ruas tol itu akan di tutup sementara mulai malam ini hingga besok malam. Penjabat (Pj) Bupati Kampar Kamsol saat di konfirmasi membenarkan jalan bebas hambatan itu akan di tutup sementara.

“Nanti malam pukul 00.00 WIB tol akan di tutup karena ada persiapan. Rencana di buka lagi pada pukul 00.00 WIB besok malamnya,” kata Kamsol saat di mintai konfirmasi, Selasa 3 Januari 2023.

Kamsol mengatakan acara peresmian dilakukan di pintu Tol Bangkinang, Rabu, 4 Januari 2023. Sehingga semua persiapan di lakukan dari pintu tol tersebut jelang kedatangan Presiden Jokowi.

Sementara Wakil Direktur Lalulintas Polda Riau AKBP Donni Eka Syahputra menyebut jalan tol di tutup selama 24 jam. Untuk personel seluruhnya di siagakan di sejumlah akses menuju ruas tol.

“Ditutup 24 jam. Jadi semua kendaraan lewat jalan lintas untuk sementara waktu,” kata Donni.

Berikut Penerapan Tarif Tol Pekanbaru-Bangkinang:

  • Golongan I: Rp 33.500
  • Golongan II: Rp 50.500
  • Golongan III: Rp 50.500
  • Golongan IV: Rp 67.000
  • Golongan V: Rp 67.000

Penerapan tarif tersebut diungkap Branch Manager Tol Pekanbaru-Bangkinang Jarot Seno Wibawa. Menurut Jarot, tarif berbeda untuk setiap golongan.

Jarot mengaku tol operasional dengan sistem terbuka. Di mana pengendara hanya sekali tap saja untuk pembayaran di pintu masuk dan pintu keluar Bangkinang.

“Tol saat ini sistem terbuka, jadi nge-tap cuma sekali. Jadi hanya ada satu pintu di Bangkinang,” katanya.

Tol Pekanbaru-Bangkinang sendiri tercatat hanya 31 km yang bisa operasional. Sebab ada 40 km ruas tol Seksi I dan ada tersisa 9 km yang belum tuntas dari KM 0-9.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews