Pemko Pekanbaru Bantu Pembebasan Lahan Pembangunan Fly Over Simpang Empat Garuda Sakti

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemko Pekanbaru, turut membantu pembebasan lahan untuk pembangunan jembatan layang atau fly over di persimpangan Jalan Soebrantas dengan Jalan Garuda Sakti dan Jalan Kubang Raya, Panam.

Penjabat (Pj) Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menjelaskan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan turut membantu pembebasan lahan untuk pembangunan jalan layang atau fly over di persimpangan Jalan Soebrantas dengan Jalan Garuda Sakti dan Jalan Kubang Raya, Panam.

“Pembebasan lahan itukan di lakukan oleh Provinsi, cuma itu nanti administrasi di bawah itu akan melalui camat-camat. Kita siap bantu,” ujar Indra Pomi Nasution, Kamis 12 Januari 2023.

Ia mengatakan nantinya pihak kecamatan yang akan membantu menyiapkan data-data seperti persil-persil tanah.

“Kemudian tanah-tanah mana yang akan diganti rugi itu nanti akan kita diskusikan dengan PU Provinsi,” cakapnya.

Indra menyampaikan, untuk proses pendataan dan ganti rugi sendiri, lanjut Indra, sudah harus selesai di 2023. Sebab di rencanakan pembangunan fly over tersebut di jadwalkan di mulai pada 2024 mendatang.

“Harus selesai di tahun 2023. Dan kalau mengenai jumlah berapa Persil tanah yang akan di ganti rugi, saat ini masih di lakukan pendataan oleh Camat,” terangnya.

Sementara untuk anggaran pembebasan lahan, di katakan Indra akan di tanggung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

“Informasi terakhir, itu (biaya ganti rugi lahan) di tanggung provinsi,” ungkapnya.

Kementerian PUPR telah menyetujui usulan Pemprov Riau terkait pembangunan jalan Layang atau flyover melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Berdasarkan keterangan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, kedatangan Presiden ke Provinsi Riau yang di dampingi Menteri PUPR dan Menteri BUMN beberapa waktu lalu membawa berkah bagi Riau, sebab Menteri PUPR menyetujui usulan Pemprov Riau untuk pembangunan jalan layang simpang empat Garuda Sakti Pekanbaru.

“Kemarin juga kita laporkan surat pak Gubernur ke Pak Menteri PUPR untuk pembangunan flyover di simpang empat Garuda Sakti Pekanbaru. Alhamdulillah Pak Menteri PUPR sangat setuju pembangunan flyover melalui APBN,” sebut dia.

Sementara untuk pembebasan lahan untuk pembangunan jalan layang simpang Garuda Sakti, kata SF Hariyanto, dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2023 lebih kurang sebesar Rp10 miliar. Sehingga tahun 2024 flyover bisa di bangun menggunakan APBN.

“Jadi flyover yang akan di bangun satu arah, dari Pekanbaru ke arah Bangking, karena arus lalu lintas arah sana cukup tinggi, sehingga pada waktu tertentu sering terjadi kecamatan panjang,” tutupnya.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews