Pekan Depan Gubri Temui Menkes Bahas Pembangunan RS Spesialis Jantung dan Otak di Pekanbaru

lamanriau
Pekan Depan Gubri Temui Menkes Bahas Pembangunan RS Spesialis Jantung dan Otak di Pekanbaru

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU –  Pada Pekan depan esok, Senin 16 Januari 2023 Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar di jadwalkan untuk berjumpa Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin

Gubri menemui Menkes dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait rencana pembangunan gedung rumah sakit (RS) pusat jantung dan otak di Riau.

“Senin besok (pekan depan) saya akan menemui pak Menkes membahas rencana pembangunan rumah sakit pusat jantung dan otak di Riau,” kata Gubri, Jumat 13 Januari 2023.

Gubri menjelaskan, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, Provinsi Riau saat ini masih butuh rumah sakit spesialis jantung dan otak.

“Hal itu sudah saya sampaikan ke Pak Presiden saat kunjungan kerja di Riau, bahwa penduduk Riau jumlahnya mencapai 6,6 juta jiwa, banyak yang berobat di luar negeri khususnya di Malaka, Malaysia,” tuturnya.

“Alhamdulillah usulan kita langsung di respon Pak Presiden dan meminta saya untuk menindaklanjuti ke Pak Menkes. Insya Allah nanti akan ada rumah sakit spesialis di Pekanbaru untuk masyarakat Riau,” tukasnya.

Rencana pembangunan rumah sakit spesialis jantung dan otak tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Zainal Arifin mengatakan, jika Pemprov Riau juga telah menyiapkan lahan seluas 10 hektare (Ha). Lahan hibah seluas 10 Ha tersebut berada di Jalan Naga Sakti, Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan, Pekanbaru yang berdekatan dengan Stadion Utama Riau,

Zainal mengatakan, nantinya akan ada tim dari Kemenkes untuk mengecek ke lokasi guna memastikan kelayakan lahan tersebut untuk mendirikan rumah sakit.

“Lokasi yang akan di kunjungi Tim Kemenkes RI itu sangat strategis di dukung akses jalan yang sudah tersedia dua jalur dan dekat dengan stadion utama Riau,” ucap Zainal.

 

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews