Ketua Umum MKA LAMR Berkunjung ke Inhu

Ketua Umum MKA LAMR HR Marjohan Yusuf memberikan sambutan pada pertemuan denngan Pemkab Inhu.

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Bupati Indragiri Hulu (Inhu) diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Inhu Ir. H. Hendrizal, M.Si menyambut hangat kedatangan Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Datok Seri H Raja Marjohan Yusuf dan Ketua Ikatan Keluarga Indragiri Hulu (IKA-INHU) sekaligus Pengurus LAM Provinsi Riau, Drs HR Murzamir, beserta rombongan, di ruang Narasinga Lt. II Kantor Bupati Inhu, Rabu 01 Februari 2023.

Audiensi tersebut dalam rangka musyawarah terkait rencana pertemuan dan Pelantikan Ikatan Keluarga Indragiri Hulu (IKA-INHU) kota Pekanbaru. 

Sebagaimana pesan Bupati, Pemerintah Kabupaten Inhu berharap pertemuan tersebut dilaksanakan di kota Rengat.

Turut hadir mendampingi Sekda, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Evi Irma Junita, S.Km, M.Si, Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum, Ahmad Syukur, S.Sos. M.Si, Asisten Administrasi Umum Drs.Hj Erlina Wahyuningsih, M.IP serta beberapa kepala OPD serta undangan terkait dan Kerabat Kesultanan Indragiri.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Riau, Datok Seri Raja Marjohan Yusuf memaparkan terkait budaya di Kabupaten Inhu diantaranya beberapa situs-situs wisata sejarah yang ada terutama di Kota Rengat seperti Danau Raja, Rumah Tinggi dan sebagainya, beberapa desa dikecamatan, selanjutnya terkait benda-benda pusaka dan UMKM yang ada di Kabupaten Inhu.

Menanggapi hal ini Sekda Inhu Hendrizal mengucapakan terimakasih terkait Rumah Tinggi yang telah diserahkan tempo lalu, berharap bisa menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Inhu yang akan menunjang perekonomian rakyat di sekitarnya.

Sementara Ketua Ikatan Keluarga Indragiri Hulu (IKA-INHU) Drs. H. R Murzamir menyampaikan siap mendukung program- program Pemkab Inhu serta mengajak Pemkab agar menjaga situs-situs sejarah yang ada dan meminta agar diberdayakan sehingga, situs-situs sejarah ini dapat menjadi tempat wisata religi yang dapat memperkenalkan kembali Kabupaten Inhu ke daerah lainnya.

Selanjutnya beberapa saran dan masukan juga disampaikan oleh Ketua Umum MKA LAMR dan Ketua IKA-INHU untuk kemajuan wisata situs-situs sejarah yang ada guna menjadikan Inhu yang sejahtera.

Terakhir Sekda Inhu Hendrizal menyimpulkan bahwa pertemuan tersebut yaitu mencapai suatu solusi menjadikan Inhu destinasi atau situs-situs yang berharga di nusantara. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *