Pemkab Inhu Alokasikan Anggaran Rp 12 Miliar Untuk Pembangunan di Rakit Kulim

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Rakit Kulim tahun 2024, Rabu (01/02/2023).

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu H Syahruddin, S.Sos, MT membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rakit Kulim tahun 2024, Rabu 01 Februari 2023.

Musrenbang yang berlangsung di Aula Serbaguna Kantor Camat Rakit Kulim, mengusung tema “Meningkatkan Infrastruktur Untuk Mendukung Pengembangan Sumber Daya Alam Guna Memantapkan Pemulihan Ekonomi”.

Dalam sambutannya, H Syahruddin menyampaikan, Musrenbang RKPD Kecamatan ini menjadi forum untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.

Pada kesempatan itu, ia mengajak pemerintah kecamatan dan desa untuk bisa menggerakkan masyarakat memunculkan apa yang menjadi keunggulan desa.

Syahruddin mencontohkan, di setiap pekarangan rumah warga jika ditanami dengan tanaman buah produktif, ini bisa menjadi ciri khas dan tentunya akan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Begitu juga bagaimana menumbuhkan kreatifitas masyarakat misalnya dengan memunculkan batik Rakit Kulim.

“Tetapkan satu tema besar apa yang menjadi ciri khas dari Rakit Kulim. Misalnya, sektor budaya. Dengan fokus bersama ini akan memberi dampak pada sektor lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Rakit Kulim Candra Leka menerangkan, tahun ini Pemkab Inhu akan mengalokasikan anggaran  Rp12 miliar untuk realisasi pelaksanaan pembangunan. Besaran alokasi anggaran ini naik tiga kali lipat dari tahun 2022.

Anggaran tersebut akan dialokasikan diantaranya untuk pemeliharaan Jalan Kuala Kilan-Petonggan, Jalan Kuantan Tenang-Talang Tujuh Buah Tangga, Jalan Lubuk Sitarak-Kuantan Tenang, dan Jalan Rimbo Seminai-Talang Durian Cacar.

Sedangkan pengalokasian anggaran terbesar ada pada pelaksanaan pembangunan Jembatan Simpang Suka Makmur – Desa Pring Jaya yakni sebesar Rp 6 miliar.

Pada Musrenbang tahun 2024, diketahui ada sebanyak 235 usulan yang terlampir dalam dokumen usulan pembangunan di Kecamatan Rakit Kulim. 

Musrenbang di Rakit Kulim turut dihadiri anggota DPRD Inhu Dapil III Chandra Saragih serta pejabat dari seluruh OPD di lingkup Pemkab Inhu, para kepala desa dan perwakila ormas dan masyarakat. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *