Pembangunan Gedung Quran Center Riau dan RCH Ditargetkan Siap Pada Triwulan III 2023

lamanriau.com

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pembangunan tahap ketiga gedung Quran Center Riau di Jalan Sudirman, dan gedung Riau Creative Hub (RCH) di Jalan Arifin Achmad Pekanbaru ditargetkan tuntas pada triwulan ketiga tahun 2023.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, M Arief Setiawan melalui Kepala Bidang Cipta Karya Thomas Larfo Dimiera menjelaskan, Bahwa saat ini untuk pekerjaan dua gedung tersebut sedang proses tender. Diharapkan dalam waktu dekat sudah ada pemenang. Kita targetkan kedua kegiatan itu dapat diselesaikan pada triwulan ketiga 2023.

Di samping itu, Thomas menyampaikan, untuk pekerjaan tahap kedua gedung Quran Center dan RCH saat ini sudah selesai sesuai kontrak.

“Alhamdulillah untuk pekerjaan tahap kedua gedung itu selesai sesuai kontrak, dan sekarang masih masuk masa pemeliharaan,” tuturnya,¬† Sabtu 18 Februari 2023.

Sedangkan proses tender tahap ketiga Quran Center sendiri ditargetkan pada Februari 2023 ini sudah ada penunjukan pemenang. Untuk pembangunan tahap ketiga gedung Quran Center pihaknya mengalokasi anggaran sebesar Rp16 miliar. Anggaran tersebut  untuk penyelesaian bangunan pendukung di belakang gedung utama. Termasuk untuk landscape, meliputi pagar, perapian drainase dan lainnya.

Thomas menambahkan, untuk gedung RCH sendiri pihaknya tahun ini mengalokasikan anggaran lebih kurang sebesar Rp27 miliar.

“Kalau RCH, tahap ketiga itu ada bangunan pendukung yang belum terakomodir di bangunan utama, termasuk kawasan landscape, tapi landscape lebih besar dari Quran Center karena kawasannya 2 hektare,” tambahnya.

Untuk diketahui, pembangunan dua gedung itu, Pemprov Riau mengalokasikan anggaran secara bertahap. Tahap ketiga merupakan penyelesaian gedung.

Gedung Quran Center Riau tahap pertama tahun 2021 dialokasikan anggaran Rp14,4 miliar. Kemudian tahap kedua tahun 2022 dialokasikan sebesar Rp21,6 miliar, dan tahap ketiga tahun 2023 sebesar Rp27 miliar.

Sedangkan gedung RCH dibangun di eks Pujasera, Jalan Arifin Achmad tersebut untuk tahap awal dialokasikan sebesar Rp4,4 miliar, tahap kedua senilai Rp6,5 miliar, kemudian tahap ketiga Rp27 miliar.

Gedung RCH yang nantinya digunakan sebagai wadah untuk mempromosikan dan menampilkan produk-produk ekonomi kreatif (Ekraf) masyarakat Riau dikelolah oleh UPT Bandar Seni Raja Ali Haji, Dinas Pariwisata Riau.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews