Pembukaan MTQ ke-11 Kecamatan Rakit Kulim Berlangsung Meriah

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Rakit Kulim ke-11 Tahun 2023 yang dipusatkan di Desa Kota Baru, Sabtu malam 18 Februari 2023, berlangsung semarak dan meriah.

Acara dibuka oleh Camat Rakit Kulim Candraleka, S.Sos, diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh salah seorang qoriah dewasa.

Pelaksanaan MTQ ke-11 ini diawali dengan pelantikan Dewan Hakim dan Panitra, dan Pawai Taaruf pada sore harinya serta dilanjutkan dengan pembukaan MTQ yang ditandai dengan penekanan tomol sirine dan pelepasan kembang api.

Dalam sambutannya Camat Rakit Kulim Candraleka, S.Sos mengungkapkan rasa senang dan bangga atas pelaksanaan MTQ Kecamatan Rakit Kulim tahun ini. Karena menurutnya, sudah sejalan dengan program Pemkab Inhu, menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan Alquran, serta sebagai wadah seleksi di tingkat kecamatan, untuk kemudian diikutkan di tingkat kabupaten.

“Sejumlah rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan MTQ ke-11 Kecamatan Rakit Kulim mulai dari persiapan pembangunan Astaka MTQ dan stand bazar, pelantikan dewan hakim serta pawai taaruf sudah kita lalui,” kata camat. 

Camat Rakit Kulim Candraleka, S.Sos melantik Dewan Hakim MTQ.

Pelaksanaan MTQ ini merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hapalan serta pendalaman isi Alquran. Kegiatan yang sarat dengan syiar Islam ini tentunya patut didukung dan suksekan.

Selanjutnya, camat berharap MTQ ke-11 tingkat kecamatan Rakit Kulim dapat berjalan lancar dan sukses dan tentunya dapat memberi manfaat bagi kita semua untuk meningkatkan silaturrahmi serta kecintaan kita terhadap Alquran.

Ini juga diharapkan mendorong pentingnya generasi muda untuk memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari, menggali, dan mengamalkan isi kandungan Alquran.

“MTQ bukan hanya seremonial saja tapi lebih dari itu yakni, menghayati serta mengamalkan ajaran-ajaran Al-quran agar kehidupan lebih damai dan religius,” ujarnya.

Dikesempatan itu Camat Candraleka juga mengucapkan terimakasih kepada  masyarakat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama serta unsur yang terlibat dalam kegiatan tersebut, ikut menyukseskan pelaksanaan MTQ ini.

Sementara, Ketua Panitia yang juga Kepala Desa Kota Baru Hendri Azlian, menyampaikan rasa bahagia atas kepercayaan dari Pemcam ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-11 Kecamatan Rakit Kulim tahun 2023.

“Terimaksih bu camat dan jajaran, rekan sesama kades, atas support dan dukungan baik moril maupun lainnya,” ujarnya.

Kepada masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda serta lainnya, Kades Hendri Azlian menyatakan sangat bangga atas dukungan dari semuanya dalam membantu terlaksananya kegiatan MTQ ini. Kedepan ia berharap agar mengedepankan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ini.

“Mari kita gerakkan untuk nilai-nilai keagamaan seperti ini, karna betapa pentingnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan kita,” ajaknya.

Ia juga berharap pelaksanaan MTQ ke-11 Kecamatan Rakit Kulim tahun 2023 di Desa Kota Baru berjalan dengan lancar dan sukses.

Dikesempatan itu Hendri Azlian menyampaikan bahwa MTQ ke-11 Kecamatan Rakit Kulim tahun 2023 diikuti sebanyak 214 peserta, yang berasal dari kafilah 19 desa se Kecamatan Rakit Kulim.

Adapun cabang yang dilombakan terdiri dari 9 cabang perlombaan, dengan jumlah total 214 peserta diantaranya, Sahril Quran 33 peserta, Tilawah Anak-anak 35 peserta, remaja 21 peserta, dewasa 13 peserta. Tartil 40 peserta, Sahril Quran 27 peserta, Ifdil Quran 7 peserta. Kemudian Pildacil, Rebana serta lainnya.

Hadir saat pembukaan Kasubsektor Rakit Kulim IPDA Jon Hendri, SH, Danpos Rakit Kulim Ramil 04/PP SERJA Timur Jaelani, Kepala KUA Rakit Kulim, Unsur Upika, Kepala Desa dan perangkat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, elemen masyarakat lainnya, dan undangan lainnya.

Selain diramaikan banyak pengunjung, defile kafilah, penaikan bendera MTQ dan persembahan hymne MTQ serta tarian-tarian yang dibawakan oleh puluhan siswa SMA dan SMP di Kecamatan Rakit Kulim, memberikan semarak malam pembukaan perhelatan religius tahunan tersebut.

Acara inipun mendapat pengamanan dari personil Polsek Kelayang, Babinsa dan Sat Pol PP Kecamatan Rakit Kulim secara terbuka. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *