1 Maret 2023, Aplikasi Peduli Lindungin Berubah Jadi SatuSehat Mobile

LAMANRIAU.COM,- 1 Maret 2023 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi melakukan pergantian aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile, Kebijakan tersebut direspon oleh DPR.

Deputi Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Agus Rachmanto menyampaikan, aplikasi PeduliLindungi akan otomatis berubah menjadi Satu Sehat pada 1 Maret. Masyarakat tidak perlu mengunduh aplikasi Satu Sehat. Aplikasi PeduliLindungi otomatis berubah menjadi Satu Sehat. Namun akan muncul notifikasi untuk memperbarui aplikasi atau update. Pengguna juga akan diminta melakukan registrasi ulang.

Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi mengapresiasi perubahan aplikasi tersebut. Namun, politikus Nasdem itu berharap dengan aplikasi yang baru tak lagi membuat masyarakat susah dalam mengakses data kesehatannya.

“Saya mengharapkan pergantian yang dilakukan secara otomatis mulai 1 Maret 2023 ini berjalan lancar sehingga tidak merepotkan warga masyarakat seperti harus mendaftar ulang,” kata Nurhadi kepada wartawan, Rabu, 1 Maret 2023.

Pun, dia berharap data vaksinasi dan bukti telah melakukan vaksinasi COVID-19 berupa sertifikat sudah tersimpan di aplikasi yang baru.

Aplikasi Satu Sehat tidak dibuat secara spesifik seperti PeduliLindungi. Sebab, platform baru ini bakal menyediakan layanan kesehatan yang lebih luas, seperti:

  • Mengintegrasikan data rekam medis dan data layanan kesehatan lainnya, seperti:
  1. Hasil kunjungan ke rumah sakit
  2. Pembelian obat di apotek
  3. Frekuensi berolahraga
  4. Gaya hidup pengguna
  • Akan ada poin yang bisa ditukar dengan misalnya suplemen atau vitamin
  • Akses ke medical record hasil laboratorium termasuk kardiologi
  • Ibu-ibu bisa mengakses vaksin miliknya dan anak

Kehadiran aplikasi Satu Sehat dinilai mempermudah masyarakat menyusun data kesehatan secara ringkas dan lebih rapih. Sebab para pengguna bisa melihat sendiri data yang diperlukan, seperti sertifikat vaksinasi, imunisasi anak hingga pencatatan jenis obat yang dikonsumsi.

Kemenkes menjamin data kesehatan masyarakat di aplikasi PeduliLindungi yang akan berubah menjadi Satu Sehat besok. Kementerian menggandeng sejumlah pihak terkait seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait:

  1. Sertifikasi aplikasi
  2. Menentukan bentuk sistem keamanan
  3. Tata kelola teknologi
  4. Register manajemen dan sumber daya manusia

Editor: Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *