Sungguh Disayangkan, Proyek APBN Pembangunan Turap di Inhu Mangkrak

LAMANRIAU.COM, INDRAGIRI HULU – Pembangunan turap tebing Sungai Indragiri sepanjang 200 meter, di Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat Indragiri Hulu (Inhu) mangkrak. Pengerjaan proyek tersebut sudah dimulai sejak tahun lalu.

Untuk diketahui, proyek yang bersumber dari APBN, merupakan aspirasi dari Anggota DPR RI Dapil Riau, Syabrul Aidi, yang dikerjakan oleh CV Maju Jaya dengan nilai Rp3,8 miliar.

Syahrul Aidi sendiri saat dikonfirmasi mengaku geram dengan pihak ketiga tersebut.

“Proyek itu penting untuk mencegah terjadinya abrasi yang sekarang ini sudah banyak mengikis bibir sungai. Pihak ketiganya ini. Kontraktor seperti ini harus di-blacklist,” tegas Syahrul Aidi, Rabu 1 Maret 2023.

Politisi PKS ini mengaku belum mengetahui alasan pasti atas mangkraknya pekerjaan tersebut.

“Tapi pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang bertanggung jawab mengawasi proyek pekerjaan turap sudah saya diberi teguran. Saya belum ketemu kontraktornya. Tapi saya sudah tegur kepala Balainya. Apa masalah pasti itu subjektif, mungkin soal cuaca atau juga karena keuangan. Tapi apa pun pekerjaan itu tidak tuntas,” jelas Syahrul lagi.

Syahrul juga meminta kepada pihak Balai, agar memberikan denda finalti atas pekerjaan turap yang mangkrak tersebut. Pembayaran pekerjaan juga dibayarkan tidak lebih dari nilai yang sudah dikerjakan.

Informasi tambahan,Abrasi yang terjadi di Sungai Indragiri tepatnya di Desa Danau Baru, Kecamatan Rengat Barat, semakin meluas. Bahkan, badan jalan desa sudah nyaris putus akibat abrasi tersebut. Abrasi tersebut juga berada di lokasi iven pacu jalur. Sehingga apabila terus dibiarkan, akan berdampak luas kepada warga daerah itu dan fasilitas umum lainnya.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *