Gedung MPP Pekanbaru Terbakar Jelang Ulang Tahun ke-4

Kebaiaran yang melanda gedung Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Satu hari jelang ulang tahun ke-4, gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru justru mengalami kebaiaran hebat, Minggu 05 Maret 2023. MPP Pekanbaru adalah role model pelayanan di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menjadwalkan akan menggelar pelaksanaan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-104 Tahun 2023 dan HUT Mal Pelayanan Publik ke-4 pada Senin 05 Maret 2023 pagi.

MPP Pekanbaru selama ini menjadi tempat one stop service bagi masyarakat seperti untuk dinas perizinan satu pintu atau DPMPTSP, dirjen imigrasi untuk perpanjangan paspor, perpanjangan sim dan SKCK, dan kantor beberapa organisasi profesi.

MPP Pekanbaru diresmiman oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Syafruddin pada 6 Maret 2019. Saat itu Syafruddin berharap keberadaan MPP di Kota Pekanbaru dapat menjadi stimulus peningkatan investasi, terutama sektor perkebunan sawit.

Kemenpan RB, ingin menjadikan MPP Pemerintah Kota Pekanbaru sebagai role model atau percontohan penyusunan Sistem Informasi Pelayanan Nasional (SIPN).

“Kota Pekanbaru adalah pusat minyak sawit dunia, khususnya Provinsi Riau. Oleh karena itu, saya sangat berharap MPP di Kota Pekanbaru dapat menopang kemudahan pelayanan publik, terutama investasi sektor ini,” kata Menpan RB saat itu.

Pelayanan Pindah

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun yang turun ke lokasi kebakaran mengaku prihatin, sebab dari kejadian ini tak ada yang bisa diselamatkan baik itu aset ataupun arsip. Untuk sementara pelayanan pindah ke gedung C yang berafa di sebelah kanan. Sedangkan gedung A adalah pelayanan Disdukcapil tetap difungsikan.

“Tadi saya sudah mencoba langsung masuk ke dalam, dan memang habis semua. Tak ada yang bisa diselamatkan. Berkas-berkas juga semua habis. Sertifikat dari BPN yang diserahkan beberapa waktu lalu juga masih di ruangan saya di lantai 3,” ujar Muflihun.

Ia mengatakan, dari informasi yang disampaikan sekuriti MPP Pekanbaru, kebakaran terjadi pada pukul 10.00 WIB.

“Dan memang sangat cepat sekali apinya menjalar. Dan kemungkinan ini adalah dampak listrik. Karena dari pengakuan saksi, asal asap itu berasal dari plafon. Cuma tentu ini perlu kita pembenaran dari tim forensik kepolisian,” sebutnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *