Kampar  

Pemprov Riau Luncurkan Gernas BBI dan BWI Dirangkai Dengan Festival Subayang

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau secara resmi melakukan peluncuran Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata di Indonesia (BWI), Pada Minggu 12 Maret 2023. Peluncuran dirangkaian dengan pelaksanaan Festival Subayang di Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto yang memimpin peluncuran Gernas BBI dan BWI Riau menjelaskan, gerakan ini diselenggarakan secara berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Riau untuk mempromosikan salah satu destinasi wisatawan di Kampar.

“Kegiatan ini digelar di pinggiran Sungai Subayang bersamaan dengan Festival Subayang Sound of Rimbang Baling 2023. Ini merupakan agenda nasional, dan Riau merupakan provinsi sebagai tempat peluncuran pada bulan ini setelah bulan Februari lalu di Banten,” katanya.

SF Hariyanto mengungkapkan, Gernas BBI dan BWI merupakan suatu gerakan nasional yang bersinergi dan kolaborasi antara kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan stakeholder, serta untuk mendukung UMKM dan sektor pariwisata dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional.

“Provinsi Riau ditunjuk sebagai salah satu dari 12 provinsi lainnya di Indonesia melalui peran aktif pemerintah daerah BI, OJK dan stakeholder lainnya. Program Gernas BBI dan BWI akan berlangsung selama tiga bulan ke depan,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau, M Taufiq OH mengungkapkan, kick off ini merupakan suatu penanda akan dibuka dan dilaksanakannya rangkaian kegiatan Gernas BBI dan BWI di Riau tahun 2023.

“Kegiatan ini akan diisi dengan pelatihan dan pendampingan UMKM dan disinergikan dengan kegiatan pariwisata Riau, dengan pendampingan utama dilakukan oleh BI dan OJK,” katanya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Muhamad Nur mengakui pihaknya mengapresiasi diluncurkan Gernas BBI dan BBI di Desa Gema.

“Walaupun sempat dilanda banjir, tetapi Alhamdulillah, Gernas BBI dan BWI diluncurkan di Riau yang dirangkaian dengan Festival Subayang. Kegiatan ini akan menjadi pembuka rangkaian kegiatan lainnya yang akan berlangsung selama tiga bulan ke depan yaitu Maret-Juni 2023, dengan melibatkan para UMKM dan pelaku pariwisata di Riau,” katanya.

Sesuai dengan target pemerintah, pelaku UMKM dan industri pariwisata akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan Gernas BBI dan BWI.

Beberapa program strategis yang akan didorong lewat Gernas ini, dari hulu dan hilir untuk mendukung afirmasi belanja produk dalam negeri serta mendukung peningkatan jumlah UMKM onboarding, sebagai upaya mendorong inklusi ekonomi.

Puncak dari penyelenggaraan Gernas BBI dan BWI secara nasional tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Juni 2023 mendatang. Diagendakan ada sejumlah rangkaian kegiatan seperti pelatihan UMKM hingga pelaksanaan yang berkaitan dengan pariwisata.

“Jadi puncaknya adalah harvesting di bulan Juni Di tanggal 14, 15, dan 16 juni nanti, Adapun rangkaian kegiatannya dimulai dari pelatihan dan pendampingan dalam rangka onboarding UMKM dan disinergikan dengan kegiatan pariwisata provinsi Riau melaui Dinas Pariwisata Provinsi Riau dengan 17 kegiatan,” kata M Nur.

Saat acara kick-off dimeriahkan 25 both dengan isi tiap-tiap both lebih kurang 5 UMKM. Menjelang Harvesting akan diadakan pelatihan dan pendampingan serta pariwisata yang dieksplor secara maksimal di Provinsi Riau

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *