Panwaslu Pekanbaru Kota Buka Posko Kawal Hak Pilih di RTH Kaca Mayang

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Untuk memastikan semua masyarakat yang sudah memiliki hak suara masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024. Panwaslu Kecamatan Pekanbaru kota mendirikan Posko Kawal Hak Pilih di pusat keramaian, salah satunya di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kaca Mayang, Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Ketua Panwaslu Kecamatan Pekanbaru Kota, Yandi menyebutkan, kawal hak pilih didirikan guna memberikan ruang bagi masyarakat mengadukan jika belum masuk dalam daftar pemilih tetap.

“Masyarakat yang mengadu karena belum masuk dalam data pilih merupakan bentuk keseriusan kami dalam mendukung suksesnya Pemilu 2024,” jelasnya.

Yandi minta seluruh petugas pengawas di yang ada untuk memaksimalkan turun ke lapangan karena diduga ada beberapa catatan yang tidak dilakukan sesuai prosedur dan bahkan tidak masuk ke dalam coklit yang dilaksanakan KPU melalui Pantarlih..

“Kami saat ini sedang melakukan penelusuran kesesuaian prosedur dalam pendataan hak pilih untuk memastikan daftar pilih warga,” katanya, Selasa 14 Maret 2023.

Ketua Panwaslu Kecanatan Pekanbaru Kota Yandi mengedukasi dan sosialisasi terkait hak pilih ke pengunjung RTH Kaca Mayang.

Yandi menilai petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) sudah melakukan tugasnya dengan baik. Namun Panwaslu Pekanbaru siap mengakomodasi keluhan masyarakat apabila memang belum terdata di KPU. Hal ini juga sesuai arahan dan instruksi dari Bawaslu RI.

“Posko kawal hak pilih didirikan sampai waktu pemutakhiran data pemilih benar-benar dinyatakan selesai, dan petugas dapat mendata dengan benar semua laporan masyarakat,” ujar dia.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat memanfaatkan, mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan aman, tertib dan lancar.

Sementara Kordiv Pencegahan, Humas dan Parmas Bawaslu Pekannaru Rizqi Abadi yang hadir melihat langsung Posko Kawal Hak Pilih Kecamatan Pekanbaru Kota mengatakan, agenda ini sesuai Instruksi Bawaslu RI Nomor 4/2023.

“Kita membimbing masyarakat yang memenuhi syarat untuk memastikan hak suaranya, apakah sudah terdaftar atau belum,” ujarnya.

Ia mengaku pihaknya telah meminta agar semua kecamatan di jajaran Bawaslu Kota Pekanbaru untuk mendirikan Posko Kawal Hak Pilih tersebut.

“Masyarakat yang merasa namanya belum tedaftar silakan datang ke Posko yang ada di masing-masing kecamatan untuk dibantu nantinya agar masuk ke data KPU,” pungkas Rizqi. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *