Kakanwil Kemenag Riau Buka PTQ ke 53 LPP RRI Pekanbaru Tahun 2023

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Riau, Mahyudin, secara resmi membuka pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke 53 LPP RRI Pekanbaru tahun 1444 H atau 2023 M, Kamis 23 Marer 2023, bertepatan dengan 1 Ramadhan 1444 H di Studio Lancang Kuning RRI Pekanbaru.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan kompang bersama Plh Kepala RRI Pekanbaru, Pitrayati didampingi Ketua Panitia PTQ Tahun 2023.

Dalam kata sambutanya, Mahyudin menjelaskan Kemenag Riau sangat menyambut baik dilaksanakannya PTQ RRI Pekanbaru yang juga dilaksakaan RRI di seluruh Indonesia.

“Apa yang dilakukan RRI ini secara naisonal merupakan luar biasa dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pendalaman terhadap isi Alquran, terutama untuk mengisi semangat generasi muda, apalagi dilaksanakan di bulan Ramadhan. Semoga kegiatan ini menjadi bagian dari amal ibadah, terutama bagi pencetus pertama yang sudah sangat luar bisa, karena dilaksanakan setiap tahun sampai saat ini sejak 1961,” jelas Mahyudin.

Dikatakan, bahwa salah satu Tusi Kemenag adalah meningkatkan pemahaman dan pengamalan Alquran, sehingga pihaknya mendukung sepenuhnya pelaksanaan PTQ.

“Kami sangat dukungan penuh, walaupun libur, kami bisa hadir disini untuk secara bersama-sama mengikuti pembukaan, apalagi pesertanya jumlahnya sangat luar biasa sebanyak 127 dan proses pendaftarannya sudah menggunakan tehnologi informasi, yaitu peserta mendaftar melalui online. Alhamdulliah, peminatnya sangat banyak,” lanjutnya.

Mahyudin berharap dengan peserta yang sudah bagus, siap mengikuti pelaksanaan PTQ secara nasional, sehingga diharapkan Dewan Hakim dapat memilih yang terbaik sebagai perwakilan Riau.

“Tentu dipilih, yang akan dibawa. Tentu Dewan Hakim melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin, saya berpesan agar peserta bisa menunjukkan, menampilkan yang terbaik,” ungkapnya.

Namun yang tidak kalah penting kata Mahyudin adalah, pelaksanaan PTQ bisa memovitasi diri untuk terus mempelari Alquran dan menghafalkan serta mengamalkan Alquran.

“Apa yang terjadi diluar sana, sangat memprihatinkan sekali, kami  berharap agar peserta terus mendalmai Alquran dengan bisa mengajak yang diluar sana untuk mencitai Alquran. Sebab orang-orang yang dekat dengan Alquran yang akan selamat dunia dan akhirat,” harapnya.

Menurut Mahyudin, tema dari pelaksanaan PTQ juga yang sangat luar bisa, yaitu “Mewujudkan Masyarakat Toleran Berkarakter Qurani untuk Indonesia Kuat”, karena toleransi itu sangat penting.

“Tema yang sangat luar bisa, karena toleransi itu sangat penting, ini sesuai dengan progarm Kemenag. Ketika toleransi mengendur, maka akan terjadi gesekan di masyarakat, tentu dengan PTQ ini mendapatkan juara sekaligus memperdalam isi Alquran,” pesannya.

Sebelumnya, Pitrayati menyampaikan bahwa PTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap ramadhan di seluruh RRI se Indonesia.

“Pelaksanaan tahun ini, akan mencari utusan untuk dikirim ke tingkat nasional yang akan berlangsung di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara pada 1-6 April 2023. Pemenang merupakan keputusan resmi dari Dewan Hakim yaitu DPW IPQAH Provinsi Riau,” katanya.

Sedangkan Ketua Panitia, Hairin mengucapkan terimakasih kepada mitra yang mendukung, yaitu PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR), PT. Kimia Farma, PT BNI 46 Kantor Wilayah Pekanbaru, PT RAPP (APRIL Group) dan PT. Yakult Indonesia Persada Pekanbaru.

Pembukaan dimeriahkan dengan penampilan Sanggar Fadhilah dari SMA IT Fadhilah Pekanbaru. Tahun ini, pelaksanaan PTQ diperlombakan tiga kategori, yaitu Tilawah, Tausiah dan Tahfiz.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *