Kue Talam Ubi Ungu Cocok untuk Takjil Buka Puasa

Kue talam ubi ungu

LAMANRIAU.COM – Sore nanti kembali menjadi rencana yang cita-citakan para ibu-ibu untuk menyediakan hidangan lezat menjeang berbuka puasa. Pada puasa ketiga ini para ibu rumah tangga pastinya berusaha menyediakan menu terbaik untuk buka puasa, termasuk menu takjil.

Untuk kamu yang sedang bingung mencari menu takjil buka puasa Ramadhan 2023 sore nanti, yuk buat saja kue talam ubi ungu. Resep kue talam ubi ungu sangat mudah didapat dan cara buatnya pun mudah, sedangkan hasilnya cantik menarik dan pastinya enak.

Berikut resep kue talam ubi ungu mulai dari bahan dan cara buatnya.

Bahan Adonan Ungu

– 350 gram ubi ungu kukus.
– 100 gram tepung tapioka.
– 50 gram tepung terigu
– 150 gram gula pasir.
– 1/2 sdt garam.
– 1/4 sdt vanili.
– 400 ml santan.

Bahan Adonan Putih

– 150 gram tepung tapioka.
– 150 gram tepung terigu.
– 1/2 sdt garam.
– 1/4 pewarna makanan putih.
– 600 ml santan.

Cara Buat

Campur semua bahan adonan putih kemudian blender sampai halus dan sisihkan. Selanjutnya campur semua bahan adonan putih ke dalam wadah dan aduk rata.

Panaskan panci untuk mengukus. Siapkan loyang dan olesi menggunakan minyak goreng tipis-tipis.

Jika panci pengukus sudah agak panas, masukkan loyang ke dalam panci. Tuang adonan ungu sebenyak empat sendok sayur lalu ratakan.

Kukus adonan ungu kurang lebih tiga menit. Setelah itu tuang empat sendok sayur adonan putih ke atas adonan ungu yang telah dikukus.

Kukus kembali adonan selama 15 menit. Setelah matang, matikan api dan biarkan dingin.

Jika kue talam sudah dingin, angkat dari loyang dengan cara sisir terlebih dahulu bagian tepinya kemudian tarik dari salah satu sisi.

Selanjutnya letakkan kue talam di atas loyang, potong membentuk persegi menjadi enam bagian. Gulung kue sambil sedikit ditekan agar menempel sempurna. Agar terlihat rapi, potong bagian ujung gulungan kue lalu bungkus menggunakan plastik pop.

Kue talam ubi ungu pun jadi dan siap disajikan sebagai menu takjil buka puasa. Tampilannya yang cantik pasti menarik minat siapa saja untuk menyantapnya.

Itu dia resep kue talam ubi ungu yang bisa dicoba dibuat untuk takjil buka puasa nanti sore. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews