Pertamina Implementasi Penerapan Program Subsidi Tepat dengan QR Code di Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sebagai upaya Pertamina untuk menyalurkan BBM Solar subsidi tepat sasaran, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut akan memperluas wilayah uji coba transaksi BBM subsidi menggunakan QR Code Subsidi Tepat di Riau mulai hari ini, Pada Selasa 28 Maret 2023.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, pengguna BBM subsidi harus terdaftar untuk bertransaksi BBM subsidi. Selain itu, pihaknya akan

melanjutkan implementasi penerapan uji coba Program Subsidi Tepat di seluruh SPBU Pertamina di Riau. 

“Setelah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Kepulauan Riau, kini wilayah Riau yang akan diberlakukan penggunaan QR Code Program Subsidi Tepat. Implementasinya akan diberlakukan mulai besok, 28 Maret 2023,” ucap Satria, Senin 27 Maret 2023.

Ia menjelaskan, implementasi penerapan transaksi BBM Solar subsidi menggunakan QR Code Subsidi Tepat ini akan dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Meranti, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kota Dumai, dan Pekanbaru. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan penggunaan BBM subsidi yang lebih tepat sasaran dan tepat volume.

Satria juga mengingatkan kepada masyarakat saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus berlangsung. Diharapkan, masyarakat segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id, aplikasi MyPertamina atau datang langsung ke SPBU.

“Jadi yang belum melakukan pendaftaran Subsidi Tepat agar segera melakukan pendaftaran, bisa melalui posko atau langsung ke website subsiditepat.mypertamina.id,” terangnya.

Adapun dokumen yang nantinya akan diupload saat pendaftaran Program Subsidi Tepat yaitu foto KTP, foto diri, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan Nomor Polisi dan untuk konsumen layanan umum atau non-kendaraan juga menyiapkan foto surat rekomendasi dan foto KIR.

Apabila masyarakat sudah melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat dan statusnya terdaftar maka masyarakat akan mendapat QR Code yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website tersebut. QR Code bisa dicetak (print out) atau discreenshot secara soft copy untuk digunakan di SPBU Pertamina.

“Sistem telah tersinkronisasi dengan baik, sehingga tak butuh waktu lama untuk melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat ini,” ucapnya.

Di samping itu, kata Satria, memasuki Ramadan 1444 Hijriah, pihaknya memastikan stok dan penyaluran BBM dan LPG subsidi aman di Riau. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan Aparat Penegak Hukum untuk mendukung kelancaran distribusi energi kepada masyarakat. 

“Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Untuk stok dan distribusi BBM serta LPG aman di Riau. Jika masyarakat menemukan adanya penyalahgunaan dalam distribusi BBM dan LPG subsidi agar segera melapor ke aparat berwenang dan menghubungi Pertamina Call Center 135,” tutupnya. 

Editor:Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *