Musrenbang RKPD Kabupaten Inhu Tahun 2024, Infrastruktur Dominasi Usulan 

Forum Musrenbang RKPD Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2024 di Aula Lantai 2 Kantor Bappeda Inhu, Kamis (30/03/2023).

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tahun 2024 di Aula Lantai 2 Kantor Bappeda Inhu, Kamis 30 Maret 2023 yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Ir. Hendrizal. 

Forum ini juga menghadirkan Kepala Bappeda Litbang Provinsi Riau, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Inhu, Ketua Penggadilan Negeri Rengat, Kapolres Dandim 0302, Kepala Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Dinas dan Kepala Badan OPD terkait, seluru Camat dan Tokoh Masyarakat.
 
Mengusung tema, meningkatkan infrastruktur untuk mendukung pengembangan sumber daya alam guna memantapkan pemulihan ekonomi, sengaja diangkat dengan memperhatikan keselarasan terhadap prioritas pembangunan Provinsi Riau dengan tema mewujudkan Riau yang berdaya saing, sejahtera, bermartabat dan unggul di Indonesia, jelas Sekda Hendrizal.

Dari tema tersebut, diketahui ada tiga isu strategis pembangunan tahun 2024 yakni, peningkatan pembangunan infrastruktur yang difokuskan pada infrastruktur dasar. Kemudian, pengembangan sumber daya alam yang difokuskan pada pengelolaan lingkungan hidup dan antisipasi bencana. Dan, pemulihan ekonomi yang difokuskan pada pembangunan pertanian, UMKM, pariwisata dan SDM.

“Ada sembilan usulan program pembangunan Kabupaten Inhu yang bersumber dari APBD Provinsi Riau diantaranya, peningkatan struktur jalan Lubuk Kandis sampai Pangkalan Kasai. Peningkatan struktur jalan Cerenti sampai Air Molek, Presevasi jalan Rengat sampai Kuala Cenaku tepatnya pada perbatasan Inhu dengan Inhil,” katanya.

Kemudian, peningkatan struktur jalan Peranap sampai simpang Ifa, presevasi jalan Simpang Ifa sampai Lubuk Kandis, peningkatan struktur jalan Batu Gajah sampai Sei Karas, presevasi jalan Air Molek sampai Simpang Japura.

Presevasi jalan Pematang Reba sampai Pekan Heran dan peningkatan struktur jalan Pekan Heran, Pelor, Teluk Kiambang, sampai Mumpa.

“Selain bersumber dari APBD Riau, ada juga beberapa usulan program pembangunan infrastruktur yang bersumber dari APBN,” ungkap Sekda lagi. 

Ia berharap kepada seluruh peserta Musrenbang agar dapat aktif dalam menyampaikan informasi serta masukan yang inovatif demi mendorong pembangunan Inhu menjadi lebih baik. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *