Kolak Pisang Menu Andalan Buka Puasa

Kolak Pisang Komplit

LAMANRIAU.COM – Menjelang buka puasa, takjil menjadi makanan yang paling dinanti. Tak hanya menyegarkan tenggorokan, takjil juga membantu tubuh untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Salah satu jenis takjil yang paling disukai adalah kolak pisang yang manis dan lezat. Kolak menjadi hidangan yang populer karena mudah dibuat, cocok untuk disantap bersama keluarga, dan bisa dikreasikan dengan berbagai bahan yang tersedia di dapur.

Nah! Berikut resep kolak pisang komplit yang disajikan menurut Selerasa.com, dapat kamu buat untuk menu berbuka sore nanti.

Porsi 5

Bahan-bahan:

– 4 buah pisang raja matang, potong-potong
– 400 ml air
– 200 ml santan kental
– 100 gr gula merah, serut
– 2 lembar daun pandan
– 1/2 sendok teh garam
– 1/4 sendok teh vanila bubuk
– 1/4 sendok teh kayu manis bubuk
– 50 gr kolang-kaling
– 50 gr ketan hitam
– 50 gr mutiara sagu
– 50 gr keju parut (opsional)

Cara membuat:

Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Masukkan gula merah, daun pandan, kayu manis bubuk, dan garam. Aduk hingga gula merah larut. Masukkan kolang-kaling, ketan hitam, dan mutiara sagu ke dalam panci, lalu aduk rata.

Masak dengan api sedang hingga bahan-bahan lainnya empuk dan matang, sekitar 10-15 menit. Setelah itu, masukkan pisang dan keju parut ke dalam panci, lalu aduk rata. Tuang santan ke dalam panci sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata.

Masak kolak dengan api kecil hingga santan tercampur rata dan matang, sekitar 5-10 menit. Angkat dan hidangkan kolak pisang dengan aneka bahan tambahan lainnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews