Jelang Lebaran, Pemdes Dusuntua Pelang Salurkan BLT Triwulan I

Penyaluran BLT DD di Desa Dusuntua Pelang, Kecamatan Kelayang, Kahupaten Indragiri Hulu, Rabu (12/04/2023).

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, tepatnya Rabu 12 April 2023, Pemerintah Desa Dusuntua Pelang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran 2023 kepada masyarakat.

Penyaluran BLT-DD Triwulan I untuk bulan Januari, Februari dan Maret 2023 ini, berlangsung di Gedung Pertemuan Desa Dusuntua Pelang yang dihadiri, Kades Yuhandi beserta perangkat, Ketua BPD Mulyadi, SE, Camat Kelayang diwakili Staf Kasi Pemberdayaan Yon Karyadi, S.Pd, Babinsa Iif Riadi, Pendamping Desa Lokal Hartika, dan tokoh masyarakat.

Kepala Desa Dusuntua Pelang, Yuhandi menjelaskan, program BLT-DD ini merupakan bentuk kebijakan perlindungan sosial pemerintah kepada masyarakat kurang mampu. 

“Penyaluran pada tahap pertama ini, BLT-DD Triwulan I ini disalurkan kepada 45 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang penetapannya melalui musyawarah desa serta mengacu pada regulasi yang diberlakukan pemerintah, dan diutamakan kepada masyarakat miskin, janda, lansia dan penderita sakit menahun”, jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa untuk tahun 2023 ini ada perubahan jumlah penerima BLT-DD dengan ketentuan surat Peraturan Kementrian Keuangan Nomor 201/PKM.07 Tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana tahun anggaran 2023, sehingga saat ini hanya tinggal 45 orang penerima saja di Desa Dusuntua Pelang.

“Itulah mengapa jumlah KPM turun dari jumlah KPM tahun sebelumnya dan penggunaan dana desa (DD) tahun 2023 akan berbeda dari sebelumnya. Jika tahun 2020-2022, DD diprioritaskan untuk penanggulangan wabah Covid-19, namun untuk tahun ini, dialokasikan dan fokus pada pemulihan ekonomi, peningkatan sumber daya manusia (SDM), dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dengan tetap memperhatikan permasalahan yang masih mengemuka di desa,” katanya.

Yuhandi menambahkan, bahwa total anggaran BLT-DD yang disalurkan untuk Triwulan I ini sebesar Rp.40.500.000,. dengan rincian Rp 300 ribu untuk setiap KPM per bulan.

“Semoga BLT-DD ini bisa membantu meringankan beban keluarga penerima manfaat. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan dalam menyambut lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah yang tersisa beberapa hari lagi,” pungkasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *