Ratusan Anak Desa Kelayang dan Lubuk Sitarak Semarakkan Malam Takbir 

Kegiatan takbir Idul Fitri 1444 Hijriyah keliling yang digelaelr anak-anak Desa Kelayang dan Desa Lubuk Sitarak, Kecamatan Rakit Kulim, Indragiri Hulu, Jumat (21/04/2023) malam.

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Meski rute tak begitu panjang, ratusan anak Desa Kelayang dan Desa Lubuk Sitarak Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu semangat memeriahkan malam takbiran Idul Fitri 1444 Hijriah, Jumat 21 April 2023 malam.

Rasanya tak pernah absen, suasana malam takbiran di kampung  pasti selalu ramai dan meriah. Ini jelas terlihat beberapa saat lalu, ratusan anak hingga muda mudi tumpah ruah di sepanjang jalanan kampung di Desa Kelayang dan Desa Lubuk Sitarak.

Sekitar pukul 20.00 WIB mereka sudah bersiap berkeliling, hingga saat ini pukul 22.00 WIB, jalanan di kampung Desa Kelayang dan Lubuk Sitarak masih ramai takbir keliling.

Suasana ini terpantau langsung oleh reporter LamanRiau.com di lapangan, ratusan anak dan muda mudi yang berasal dari Dusun I Pasar Desa Kelayang dan Dusun I Kampung Tengah Desa Lubuk Sitarak, Kecamatan Rakit Kulim saling sahut menyahut mengalunkan takbir.

“Ini sudah tradisi kita turun temurun, takbiran keliling masuk gang-gang kampung, ke jalan besar masuk lagi ke gang-gang. Mulai anak anak sampai dewasa berbaur,” terang Ketua BPD Desa Kelayang Azwarni yang ikut memeriahkan malam takbir tersebut.

Hal senada juga disampaikan Ketua RT 003 Dusun I Kampung Tengah Desa Lubuk sitarak, Nurbit. Selain membawa obor anak-anak di sini kreatif, mereka membawa semacam hiasan warna warni untuk dibawa keliling. Letusan marcon juga membuat suasana menjadi hening, sebutnya.

Tak hanya menggunakan mobil dan sepeda motor membawa obor, ratusan anak-anak yang ikut keliling ini juga rela berjalan kaki kiloan lebih tanpa rasa lelah.

Bersama sama teman dan sanak saudaranya menggunakan pakaian muslim dan pakaia khas lainnya, menjadikan malam takbir di kampung semakin meriah.

Selain membawa obor, anak anak juga membawa semacam hiasan lampu warna warni untuk dibawa berkeliling, suasana malam takbir juga menjadi hening ketika puluhan marcon diletuskan ke udara.

Kampung pun semakin meriah menandakan berakhirnya bulan puasa umat muslim dan menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1444H/22 April 2023 M. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *