Kampar  

Gubri Ikut Hari Raya Enam di Bangkinang

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar ikut bersama masyarakat Kabupaten Kampar, menyemarakkan adat dan tradisi ziarah kubur atau Hari Raya Enam (Aghi Ghayo Onam) di Masjid Mujahidin Dusun Uwai, Desa Muara Uwai Bangkinang, Pada Sabtu 29 April 2023.

Sebelum melepas peserta ziarah kubur, Gubernur Syamsuar didampingi Pj Bupati Kampar Kamsol makan bejambau dengan masyarakat yang ikut merayakan hari raya enam.

“Alhamdulillah hari ini bisa ikut menyemarakkan kegiatan adat (ziarah kubur) yang sudah dilakukan secara turun temurun sekaligus mendoa,” ucap Gubri.  

“Kegiatan ini merupakan hal yang baik untuk meningkatkan silaturahim dengan saling memaafkan satu dan lainnya,” tambahnya. 

Setelah menyerah, Gubri melakukan ziarah ke makam pahlawan Gandulo Datuk Tabano (Pendekar Kampar) yang wafat pada tahun 1318 H atau 11 November 1898 di Bandar Jampung Godang Bangkinang.

Selain itu, Gubri juga ziarah ke pemakaman umum Persukuan Putopang di Desa Muara Uwai, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. 

Pj Bupati Kampar Kamsol juga memikirkan terima kasih kepada Gubernur Syamsuar yang telah hadir ditengah-tengah masyarakat untuk ikut berziarah kubur sekaligus bersilaturahmi.

“Tradisi dan budaya ini sudah dilakukan secara turun temurun dan menjadi aktifitas keagamaan yang rutin dilakukan masyarakat Kabupaten Kampar,” kata Kamsol.

Kamsol menjelaskan bahwa kegiatan ini telah dua tahun tidak terlaksana dikarenakan Covid-19, maka untuk tahun ini terlihat lebih ramai di hadiri oleh peziarah dari Kecamatan Bangkinang maupun dari masyarakat Bangkinang yang berasal dari perantauan.

Hari Raya Enam atau Aghi Ghayo Onam 1444 Hijriah ini jatuh pada 8 Syawal atau Sabtu, 29 April 2023. Yaitu setelah warga Kampar berpuasa enam hari di awal bulan Syawal setelah Hari Raya Idul Fitri.

Kehadiran orang nomor satu di Riau untuk menyemarakkan Aghi Ghayo Onam di Muara Uwai disambut antusias oleh masyarakat Bangkinang.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *