Bandara SSK II Pekanbaru Siap Layani Keberangkatan Jemaah Haji Asal Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – PT Angkasa Pura II siap melayani penerbangan haji di enam bandara pada Mei – Agustus 2023.  Bandara di lingkungan AP II yang melayani penerbangan haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Minangkabau (Padang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Kertajati (Majalengka), dan Bandara Kualanamu (Medan) yang dikelola anak usaha AP II yakni PT Angkasa Pura Aviasi. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan koordinasi telah dilakukan dengan berbagai pihak guna memastikan kelancaran kepergian dan kepulangan jemaah haji. 

“Koordinasi dilakukan dengan seluruh stakeholder antara lain Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI, Polri, AirNav Indonesia, maskapai dan ground handling agar keberangkatan jemaah ke Tanah Suci dapat dilakukan dengan baik, mulai dari asrama haji hingga ke bandara AP II untuk kemudian berangkat ke Tanah Suci,” ucap Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin mengatakan 6 bandara AP II tersebut akan menjadi embarkasi untuk 236 kloter. 

“AP II melayani penerbangan haji sebanyak 236 kloter atau 44 % dari total kloter di Indonesia pada periode Haji 1444 H/2023 M. Total jemaah haji yang berangkat melalui 6 bandara di lingkungan AP II adalah sebanyak 91.358 jemaah atau sekitar 44% dari total jemaah di Indonesia yang berangkat tahun ini,” jelas Muhammad Awaluddin.

“Seluruh fasilitas pelayanan dan operasional dipastikan baik untuk melayani penerbangan haji. Koordinasi erat juga dilakukan di antara seluruh pemangku kepentingan di bandara-bandara AP II. Kami optimistis penerbangan haji 2023 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar di bandara AP II untuk mengantarkan jemaah haji beribadah di Tanah Suci,” tambah Muhammad Awaluddin.

Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Siap Sukseskan Embarkasi Antara Provinsi Riau

Selain melayani embarkasi utama, PT Angkasa Pura II juga terus melakukan pemastian kesiapan pelayanan dan fasilitas pendukung embarkasi haji antara dimana salah satunya adalah Bandara SSK II Pekanbaru.

M. Hendra Irawan selaku EGM Bandara SSK II Pekanbaru mengatakan bahwa panggilan siap melayani proses pemberangkatan 5.047 calon jemaah haji asal provinsi Riau ke tanah suci yang akan terbagi dalam 14 kloter.

“Kami memohon dukungan dan doa kepada seluruh masyarakat agar operasional Embarkasi Haji Antara tahun ini dapat berjalan dengan aman dan lancar”, ujar Irawan. 

Irawan menjelaskan bahwa kepergian calon jemaah haji melalui Bandara SSK II Pekanbaru akan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2023 hingga 22 Juni 2023.

Penerbangan haji antara melalui Bandara SSK II Pekanbaru akan didukung dengan fasilitas pokok yaitu runway berdimensi 2600 x 45 M untuk operasional pesawat narrow body serta fasilitas pendukung lainnya.

“Dalam rangka mendukung kelancaran proses layanan di asrama haji Pekanbaru sendiri dikomandasikan bersama PPIH Riau terus melakukan pemastian kemudahan fasilitas keamanan penerbangan meliputi X-Ray, Walk Through Metal Detector (WTMD) & Hand Metal Detector (HMD) berikut rencana penugasan personel bandara, tutup Irawan.(rri)

Editor:Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *