Tingkatkan Kapasitas Panwas Kelurahan, Panwaslu Pekanbaru Kota Gelar Bimtek

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sebagai upaya meningkatkan kapasitas Panitia Pengawas Kelurahan, Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pekanbaru Kota menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitasi dan Pembinaan yang berlangsung di Sultan Resto, Rsbu 24 Mei 2023.

Bimtek tersebut dihadiri langsung oleh anggota Bawaslu Kota Pekanbaru, Kordiv Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Yasrif Yakub Tambusai.

“Tujuan dari bimtek ini adalah untuk memberikan penguatan kapasitas kepada teman-teman pengawas kelurahan, mulai dari tugas, fungsi, tanggung jawab dan wewenangnya,” kata Ketua Panwaslu Kecamatan Pekanbaru Kota, Yandi.

Menurut Yandi, kecamatan Pekanbaru Kota merupakan salahsatu wilayah pusat ibukota, menjadi barometer bagi wilayah kecamatan lain di Kota Pekanbaru maupun di Provinsi Riau. Karena itu, kesuksesan dalam kegiatan pengawasan menjadi contoh bagi daerah lain.

“Pemilu 2024 tentu kita akan dihadapkan dengan tantangan yang lebih kompleks sehingga sejak dini kita harus memang mempersiapkan diri,” ucapnya.

Sementata Yasrif Yakub Tambusai dalam materinya menyampaikan pekerjaan pada Pemilu 2024 perlu kecermatan dari pihak pengawas, karena proses yang tengah berlangsung, terutama terkait hak pilih masih ditemukan berbagai permasalahan yang memungkinkan terjadi humam error.

“Kalau Bawaslu Kota Pekanbaru sendiri sudah punya program kawal hak pilih, tujuannya tidak lain adalah mencermati hasil dari pelaksanaan pencocokan dan penelitian data yang telah dilakukan Pantarlih lalu, masih ada warga yang belum terdata hak pilihnya. Melalui ini kita ingin mengajak bersama-sama masyarakat untuk memastikan diri mereka sudah terdata sebagai pemilih di Pemilu 2024,” katanya.

Melalui program ini diharapkan tak ada lagi warga yang punya hak pilih ditinggalkan pada hari pelaksanaan Pemilu 2024 nanti.

Yasrif juga mengatakan, Pengawas Kelurahan merupakan garda terdepan pengawas pemilu untuk melaksanakan tugas pengawasan. Sehingga Bimtek tersebut merupakan upaya bersama memberikan pemahaman dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Tujuan Bimtek ini untuk membekali teman-teman pengawas, jadi secara teknis harus dibekali mekanisme pengawasan, namun tetap berkoordinasi dengan pihak kecamatan,” tandasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *